MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG MATAKULIAH STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran GI berbasis LS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Malang yang menempuh matakuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan II (SPT II). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study (LS).Instrumen yang digunakan meliputi angket pemecahan masalah, lembar observasi pemecahan masalah, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Subyek penelitian adalah mahasiswa tingkat III Offering C S1 Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Malang yang menempuh matakuliah SPT II sejumlah 29 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t berpasangan serta persentase. Hasil penelitian ada perbedaan antara kecakapan memecahkan masalah pada akhir siklus 1 dan akhir siklus 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif GI dengan peningkatan persentase sebesar 13,70%. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran GI meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang dalam matakuliah SPT II.
Kata kunci: model pembelajaran GI, lesson study, kemampuan memecahkan masalah.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License