Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams-Games-Tournament) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Materi Animalia Siswa Kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019

Authors

  • Fadilah Rahmawati
  • Budhi Utami
  • Nurul Mufitdah
  • Choirul

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14799

Keywords:

Model kooperatif TGT, Hasil, Motivasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT(Teams Games Tournamant) yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk.Penelitian ini akan di lakukan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap merencanakan (planning), melakukan tindakan (action), mengamati (observation), dan melakukan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan peningkatan jumlah skor motivasi siswa dari 38,6% menjadi 61,4%, b) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari peningkatan jumlah siswa yang mampu mencapai nilai tuntas, baik pada siklusI danIIyang mengalami kenaikan dari 26 siswa (76,5%) menjadi 32 siswa atau 85,2%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarankooperatif tipe TGT (teams games tournament) mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi untuk materi Animalia pada siswa kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk.

References

Suryosubroto B, 2009. Proses Belajar Mengajar Sekolah Wawasan Baru. Jakarta : Rineka Cipta

Hisyam Zaini, 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijogo

Nurholis, 2013. Kelebihan dan Kekurangan TGT (di akses pada: nurholis-home edukasi. Blogspot.com)

Siberman, Melvin L, 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta

Moh. Uzer Usman, 2005. Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-04-22

How to Cite

Rahmawati, F., Utami, B. ., Mufitdah, N. ., & Choirul. (2020). Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams-Games-Tournament) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Materi Animalia Siswa Kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 11–14. https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14799

Issue

Section

Artikel