PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI PROYEK BERBASIS RISET DAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA BIOLOGI
Abstract
Proses pembelajaran yang dilakukan di pendidikan tinggi tidak hanya sekedar suatu proses
transfer of knowledge, namun benar-benar merupakan suatu proses pembekalan yang berupa
method of inquiry seseorang yang berkompeten dalam berkarya di masyarakat. Hal ini berarti
mahasiswa harus didorong untuk memiliki motivasi dalam diri mereka sendiri, kemudian
berupaya keras mencapai kompetensi yang diinginkan. Pembelajaran berbasis proyek
merupakan strategi yang dapat dipandang memenuhi tuntutan pembelajaran dimaksud.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang berorientasi proyek
berbasis riset dan pemecahan masalah, yang digunakan untuk mengoptmalkan penguasaan
konsep mahasiswa Biologi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif
yang terdiri dari hasil observasi terhadap aktivitas belajar mahasiswa dianalisis setelah
pembelajaran dilaksanakan, dengan melihat persentasi aktivitas mahasiswa dalam kegiatan
pembelajaran, rata-rata mencapai minimal 70%, serta data penguasaan konsep setiap
mahasiswa dianalisis menggunakan N-Gain Score dengan capaian diatas 7. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kegiatan perkuliahan menggunakan model pembelajaran PRIMA dalam
kegiatan lesson study dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa, yang pada akhirnya dapat
menigoptimalkan penguasaan konsep mahasiswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran PRIMA, Aktivitas Mahasiswa, Penguasaan Konsep
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License