PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI PROYEK BERBASIS RISET DAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA BIOLOGI

  • frida mariyati yusuf
Abstract views: 106 , PDF downloads: 147

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan di pendidikan tinggi tidak hanya sekedar suatu proses
transfer of knowledge, namun benar-benar merupakan suatu proses pembekalan yang berupa
method of inquiry seseorang yang berkompeten dalam berkarya di masyarakat. Hal ini berarti
mahasiswa harus didorong untuk memiliki motivasi dalam diri mereka sendiri, kemudian
berupaya keras mencapai kompetensi yang diinginkan. Pembelajaran berbasis proyek
merupakan strategi yang dapat dipandang memenuhi tuntutan pembelajaran dimaksud.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang berorientasi proyek
berbasis riset dan pemecahan masalah, yang digunakan untuk mengoptmalkan penguasaan
konsep mahasiswa Biologi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif
yang terdiri dari hasil observasi terhadap aktivitas belajar mahasiswa dianalisis setelah
pembelajaran dilaksanakan, dengan melihat persentasi aktivitas mahasiswa dalam kegiatan
pembelajaran, rata-rata mencapai minimal 70%, serta data penguasaan konsep setiap
mahasiswa dianalisis menggunakan N-Gain Score dengan capaian diatas 7. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kegiatan perkuliahan menggunakan model pembelajaran PRIMA dalam
kegiatan lesson study dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa, yang pada akhirnya dapat
menigoptimalkan penguasaan konsep mahasiswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran PRIMA, Aktivitas Mahasiswa, Penguasaan Konsep

PlumX Metrics

Published
2016-10-18
How to Cite
yusuf, frida mariyati. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI PROYEK BERBASIS RISET DAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA BIOLOGI. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 3(1). https://doi.org/10.29407/jbp.v3i1.446