Inovasi Pendidikan: Menerapkan Konsep Inklusi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mewujudkan Kemandirian dan Keberagaman Siswa

Educational Innovation: Implementing the Concept of Inclusion in Indonesian Language Learning to Achieve Student Independence and Diversity

Authors

  • Eka Putri Vania Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang, Indonesia
  • Moh. Ahsan Shohifur Rizal Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbsp.v8i1.21511

Keywords:

pendidikan inklusi, bahasa indonesia, kemandirian siswa, keberagaman, inovasi pendidikan

Abstract

Penelitian ini menggambarkan inovasi dalam pendidikan dengan mengeksplorasi penerapan konsep inklusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mewujudkan kemandirian dan keberagaman siswa melalui pendekatan inklusif. Melibatkan analisis praktis terhadap konsep inklusi, penelitian ini menguraikan strategi dan metode yang mendukung partisipasi aktif semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep inklusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, merangsang kreativitas siswa, dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Implikasi praktisnya adalah untuk memperkuat upaya pendidikan inklusif dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kemandirian siswa dan menghargai keberagaman sebagai aset positif. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkaya pemahaman dan praktik pendidikan inklusif, terutama dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia.

References

Aryodilah, F. I. (2022). Analisis Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Narasi Peserta Dididk (Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka). Universitas Pasundan.

Efendi, M. (2023). Aspek Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat Kisah Cilinaya di Pulau Lombok. Jurnal Lisdaya, 19(2), 77–83.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Karuniawan, D. Y., & Tjahjono, T. (2023). Mistisisme dalam Novel Janur Ireng Karya SimpleMan (Kajian Mistisisme Jawa Niels Mulder). Bapala, 10.

Hashina, N. H. (2022). Mistisisme Jawa dalam Novel Janur Ireng Karya Simpleman. Jurnal Urban, 6(1), 77–96.

Irfan, M. B., Rahmayantis, M. D., & Puspitoningrum, E. (2021). Nilai Kearifan Lokal Genius dalam Cerita Rakyat Seri Bergambar Ande-Ande Lumut. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 5(1), 66–72.

Lamusu, S. A. (2020). Kearifan Lokal Dalam Sastra Lisan Tuja’I Pada Upacara Adat Pinangan Masyarakat Gorontalo. Litera, 19(3), 505–520. https://doi.org/10.21831/ltr.v19i3.32400

Mariana, P., Wulan, A. P., & Aqis, Y. (2023). Mistisisme Mantra Tawar Bentama Masyarakat Dayak Desa Jaras Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu. IJOL: Indonesian Journal of Language and Literature, 01(01), 22–29. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJOL

Maulidianto, H., Rokhmansyah, A., & Dahri. (2021). Religiusitas dalam Cerita Rakyat Puan Sipanaik. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 5(1), 28–38.

Maulinda, R. (2021). Nilai Mistis Dan Mitos Yang Terkandung Dalam Novel Kkn Di Desa Penari Karya Simpleman. Jurnal Metamorfosa, 9(1), 30–41. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i1.1316

Melati, T. S., Warisma, P., Ismayani, M., & Siliwangi, I. (2019). Analisi Konflik Tokoh Dalam Novel Rindu Karya Tere Liye Berdasarkan Pendekatan Psikologi Sastra. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 229–238.

Mutia, A., & Rengganis, R. (2023). Mistisisme Dalam Novel Ababil Dan Tiga Kitab Iblis Karya Irfan Wijaya (Mistisisme Niels Mulder). SAPALA, 10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-sapala/article/view/51011%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-sapala/article/view/51011/41736

Mulder, Niels. 2001. Mistisisme Jawa: Ideologi di Indonesia. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Nifsiyah, L., & Nugraha, M. A. S. (2023). Tanda Mitos Keabadian Pada Film 17 Selamanya Karya Hanung Bramantyo dan Implikasinya Pada Masyarakat. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 399–407.

Nugraha, S., & Wardani, T. D., (2021). Penerapan Hukum Adat dalam Penegakan Hukum bagi Pelaku Tindak Pidana Ilmu Hitam pada Masyarakat Dayak Ngaju. Belom Bahadat: Jurnal Hukum Agama Hindu, 11(1), 93–112.

Nuriah, M., Puspita, Y., & Wahidy, A. (2022). Antropologi Sastra dalam Novel Segala yang Diisap Langit Karya Pinto Anugrah. Irje: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (3), 1–9. https://irje.org/index.php/irje

Qori'ah, A., Azhari, W., & Arsyada, R. M. Z. (2018). Sastra Lisan Mantra Ujub-Ujub: Makna dan Fungsinya dalam Masyarakat Desa Karangrejo Kabupaten Malang Jawa Timur. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i2.12133

Ramadhanty, E., Effendi, D., & Hetilaniar, H. (2022). Antropologi Sastra Dalam Kumpulan Cerita Rakyat Ogan Komering Ilir. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 12(1), 26–38. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v12i1.6142

Romadhan, S., & Suttrisno. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Budaya Literasi Melalui Cerita Rakyat dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia), 1(1), 81–88.

Roza, A., Fikri, A., & Rusli, A. M. (2020). Analisis Kenyamanan Jalur Pedestrian Jalan Ps. Baru Kota Padang Dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif. Cived, 7(2), 98. https://doi.org/10.24036/cived.v7i2.109838

Subandiyah, H., & Hermansyah, M. Y. (2021). Motif Mistisisme pada Karya Eka Kurniawan dalam Cerpen Kumpulan Budak Setan. Bapala, 8.

Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Konsepsi, 10(1), 17–27.

Sulistyorini, D. (2021). Mistisisme Islam-Jawa Dalam Ritual Haul R.M. Iman Soedjono Di Pasarean Gunung Kawi. Kejawen, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.21831/kejawen.v1i1.40113

Veniaty, S. (2023). Pamali pada Perempuan Hamil di Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan (Kajian Antropologi Sastra). Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya. 3(2).

Wardani, D. A. W. (2020). Ritual Ruwatan Murwakala dalam Religiusitas Masyarakat Jawa. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 25(1), 54–75.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-03-25

How to Cite

Vania, E. P., & Rizal, M. A. S. (2024). Inovasi Pendidikan: Menerapkan Konsep Inklusi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mewujudkan Kemandirian dan Keberagaman Siswa: Educational Innovation: Implementing the Concept of Inclusion in Indonesian Language Learning to Achieve Student Independence and Diversity. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.29407/jbsp.v8i1.21511

Issue

Section

Article