Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Tataran Morfologi dalam Wacana Jual Beli Secara Daring di Instagram

Analysis of Indonesian Language Errors at the Morphological Level in Online Buying and Selling Discourse on Instagram

  • Zonna Novita Riandini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Siti Nurul Fatimah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Fajar Eko Ugiyanto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ida Nur Laily Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 474 , pdf downloads: 365
Keywords: analisis kesalahan berbahsa, bahasa, daring, morfologi, instagram

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas hasil pengamatan secara langsung dan pengalaman peneliti melalui Instragam yang merupakan suatu komunikasi berbasis daring (dalam jaringan), sehingga membebaskan khalayak umum untuk saling berkomentar antara satu dengan lainnya. Oleh sebab itu, peneliti menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam tataran morfologi dalam wacana jual beli daring di Instagram. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana bentuk kesalahan berbahasa Indonesia dalam wacana jual beli secara daring di Instagram pada tataran morfologi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bentuk kesalahan berbahasa pada bidang morfologi dalam wacana jual beli daring di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi dengan media pengamatan secara langsung.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kesalahan berbahasa dalam wacana jual beli daring di Instagram pada tingkat morfologi ada tiga, yaitu (1) kesalahan pembentukan kata, (2) kesalahan ejaan, dan (3) kesalahan penggunaan huruf kapital.

References

Apriani, Mia. 2016. Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi oleh Komunitas Jual-Beli Online di Mataram Nusa Tenggara Barat. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.

Bahri. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Harian Lombok Post dan Kaitannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.

Kusmirawati. 2011. Analisis Kesalahan Berbahasa Pemakaian Huruf Kapital dan Penulisan Kata pada Majalah Gaul Terbitan Gramedia Edisi 2010. Skripsi Mataram: Universitas Mataram.

Parera, Jos Daniel. 1997. Linguistik Edukasional. Jakarta: Erlangga.

Ramlan, M. 2001. Ilmu Bahasa Indonesia Morfologi: Satuan Tinjauan Deskriptif. Cetakan ke-5. Yogyakarta: CV Karyono.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmadi. 2009. Morfologi: Teknik Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Samsuri. 1987. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sasongko, S. D. (2018). Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 36.

Wijayanti, Dwi Rohmah. 2014. Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Weleri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

PlumX Metrics

Published
2020-10-12
How to Cite
Riandini, Z. N., Fatimah, S. N., Ugiyanto, F. E., & Laily , I. N. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Tataran Morfologi dalam Wacana Jual Beli Secara Daring di Instagram: Analysis of Indonesian Language Errors at the Morphological Level in Online Buying and Selling Discourse on Instagram. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(2), 44-50. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i2.17644