Gaya Bahasa Perbadingan dalam Sepilihan Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono

Figures of Speech in the Form of Comparison in Selected Short Stories "A Pair of Old Shoes" by Sapardi Djoko Damono

  • Sangaji Niken Hapsari Universitas Indraprasta PGRI
  • Mirza Ghulam Ahmad Universitas Indraprasta PGRI
  • Yunita Anggraeni Universitas Indraprasta PGRI
Abstract views: 274 , pdf downloads: 268
Keywords: Gaya Bahasa, Gaya Bahasa Perbandingan, Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono

Abstract

Dalam penelitian.ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan gaya bahasa perbandingan pada cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono. Penulis ingin mengetahui penggunaan gaya bahasa perbandingan yang terdapat dalam cerpen tersebut. Pendekatan yang terdapat pada penelitian ini berorientasi terhadap penggunaan gaya bahasa perbandingan yang terdapat dalam cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian berdasarkan penggunaan gaya bahasa dalam sepilihan cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapard Djoko Damono, terdapat 10 gaya bahasa, yaitu gaya bahasa perbandingan perumpamaan sebanyak 14 temuan, setara dengan 17%, metafora sebanyak 8 temuan, setara dengan 10%, personifikasi sebanyak 43 temuan, setara dengan 51%, depersonifikasi sebanyak 0 temuan, setara dengan 0% alegori sebanyak 2 temuan, setara dengan 3%, antitesis sebanyak 4 temuan, setara dengan 5%, pleonasme sebanyak 4 temuan, setara dengan 5%, perifrasis sebanyak sebanyak 6 temuan, setara dengan 7%, antisipasi sebanyak 0 temuan setara dengan 0% dan koreksio sebanyak 2 temuan, setara dengan 2%. Total temuan sebanyak 83 temuan, setara dengan 100%. Penilis akhirnya dapat menyimpulkan bahwa gaya bahasa perbandingan yang lebih dominan dalam sepilihan cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono yaitu gaya bahasa perbandingan perumpamaan dan gaya bahasa perbandingan perosnifikasi.

References

Al-Ma'ruf, &. Nugrahani, F. (2017). PENGKAJIAN SASTRA Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV Djiwa Amarta Press.

Fatimah, & Nafila, I. (2014). Teori sastra. Tangerang: PT Pustaka Mandiri. Fathurrohman,M. (2017). Belajar dan pembelajaran modern. Yogyakarta: Garudawaca.

Nurgyantoro, B. (2013). TEORI PENGKAJIAN FIKSI. Yogyakarta: GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Kartika, A. & Suprapto, E. (2018). Kajian kesusastraan sebuah pengantar. JawaTimur: CV AE MEDIA GRAFIKA.

Panumbangan, A. (2013). Panduan lengkap majas peribahasa pembentukan istilah sinonim-antonim. Yogyakarta: Buku Pintar.

PlumX Metrics

Published
2022-12-21
How to Cite
Hapsari, S. N., Ahmad, M. G., & Anggraeni, Y. (2022). Gaya Bahasa Perbadingan dalam Sepilihan Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono: Figures of Speech in the Form of Comparison in Selected Short Stories "A Pair of Old Shoes" by Sapardi Djoko Damono. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(2), 64-70. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i2.19237