Nilai Sosial dalam Novel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandarini
Social Values in the Novel "Dua Garis Biru" by Lucia Priandarini
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalis nilai sosial pada novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 82 temuan yang terdiri dari nilai kasih sayang, nilai tolong menolong, nilai religius, nilai kepedulian, nilai kebersamaan, nilai tanggung jawab, dan nilai saling memaafkan. Berdasarkan nilai sosial dalam novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini terdapat tujuh nilai sosial, diantaranya: nilai kasih sayang 23,17%, nilai tolong menolong 6,09%, nilai religius 7,31%, nilai kepedulian 34,14%, nilai kebersamaan 9,75%, nilai tanggung jawab 12,5%, dan nilai saling memaafkan 7,31%. Dalam temuan tersebut nilai sosial yang dominan dalam novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini, yaitu nilai kepedulian..
References
Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). Diakses pada tanggal 3 Desember 2020 dari https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=metodologi+penelitian+kualitatif&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwjl77jV5bvtAhXC6XMBHQl2DwYQ6AEwAHoECAQQAg#v=onepage&q=metodologi%20penelitian%20kualitatif&f=false
Aulia, N. 2018. Nilai Sosial dalam Novel Jala Karya Titis Basino dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), 126-133. Diakses 24 November 2020 dari
http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/97
Armen. 2015. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Yogyakarta: Deepublish. Diakses pada tanggal 26 November 2020 dari https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Ilmu_Sosial_Dan_Budaya_Dasar/_UKRDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=armen+ilmu+sosial+dan+budaya+dasar&printsec=frontcover
Ahmad, S. 2015. Bimbingan dan Konseling di taman kanak-kanak. Jakarta: Prenada Media Group. Diakses pada tanggal 28 November 2020 dari https://www.google.co.id/books/edition/Bimbingan_Konseling_di_Taman_Kanak_kanak/Blc_DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=bimbingan+dan+konseling+ditaman+kanak-kanak&printsec=frontcover
Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak. Diakses pada tanggal 10 Desember 2020 dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=59V8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=metode+penelitian+kualitatif+anggito&ots=5HbvqBgrGn&sig=duy5WEkcP48Jn6FRC_gCvS2RsmU&redir_esc=y#v=onepage&q=metode%20penelitian%20kualitatif%20anggito&f=false
Astuti, R. D. 2016. Nilai Sosial dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Anantatoer. Jurnal Pesona, 2(1). Diakses pada tanggal 23 November 2020 dari https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/pesona/article/view/135
Fiyani, M. 2011. Nilai sosial dalam novel bukan pasar malam karya prammedya ananta toer; implikasinya terhadap pembelajaran satra. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah. Diakses pada tanggal 24 November 2020 dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/454
Haslinda. 2018. Kajian dan Apresiasi Prosa Fiksi Teori dan Aplikasinya. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Halimatussa’diyah. 2020. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing. Dipublikasikan pada tanggal 28 November 2020 dari https://www.google.co.id/books/edition/NILAI_NILAI_PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAM_MULTI/9tvoDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=halimatus+sa%27diyah&printsec=frontcover
IMRON, I. F., & Aka, K. A. 2018. Fenomena Sosial. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng. Diakses pada tanggal 2 Desember 2020 dari
Jayanti, M.D., dkk. 2019. Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Unindra Press.
Juwati. 2018. Sastra Lisan Bumi Silampari: Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepunlish. Diakses pada tanggal 28 November 2020 dari https://www.google.co.id/books/edition/Sastra_Lisan_Bumi_Silampari/i86HDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=juwati+sastra+lisan+bumi&printsec=frontcover
Kurniawan, H. 2012. Teori, metode, dan aplikasi sosiologi sastra. Tangerang: Graha Ilmu.
Miladiyah, S. H. 2014. Nilai Sosial dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra di SMA. Diakses pada tanggal 24 November 2020 dari
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24636
Nurdin, I., & Hartati, S. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia. Diakses pada tanggal 3 Desember 2020 dari https://books.google.co.id/books?id=tretDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Metodologi+penelitian+sosial&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwjik5Lw6rvtAhXOQ30KHcSAAcgQ6AEwAXoECAIQAg#v=onepage&q=Metodologi%20penelitian%20sosial&f=false
Nurgiyantoro, B. 2018. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Diakses pada tanggal 28 November 2020 dari
Nurin, A.,M. 2015. Islam Agama Kasih Sayang. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. Diakses pada tanggal 29 November 2020 dari https://books.google.co.id/books?id=T5_SCgAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=ISLAM+AGAMA+KASIH+SAYANG&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwjGoLDxlbztAhXZR30KHVCwA_oQ6AEwAHoECAMQAg#v=onepage&q=ISLAM%20AGAMA%20KASIH%20SAYANG&f=false
Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta. Diakses pada tanggal 20 Desember 2020 dari
http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf
Priandarini, L. 2019. Dua Garis Biru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utara.
Sarinah. 2019. Ilmu Sosial Budaya Dasar (Diperguruan Tinggi). Yogyakarta: Deepublish. Diakses pada tanggal 27 November 2020 dari https://books.google.co.id/books?id=rHmfDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Ilmu+sosial+budaya+dasar&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwja8N6TmLztAhVLX30KHeihDJoQ6AEwAHoECAMQAg#v=onepage&q=Ilmu%20sosial%20budaya%20dasar&f=false
Saputra, W., Atmazaki, A., & Abdurahman, A. 2012. Nilai-nilai Sosial dalam Novel Bukan Pasar Malam Karya Pramoedya Ananta Toer. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 409-417. Diakses 23 November 2020 dari
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/428
Waryanti, E., Puspitoningrum, E., Violita, D. A., & Muarifin, M. 2021. Struktur Cerita Anak dalam Cerita Rakyat Timun Mas dan Buto Ijo dalam Saluran Youtube Riri Cerita Anak Interaktif (Kajian Sastra Anak). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 13.
Wicaksono, A. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi (edisi revisi). Garudhawaca. Diakses pada tanggal 2 Desember 2020 dari https://www.google.co.id/books/edition/Pengkajian_Prosa_Fiksi_edisi_revisi/4OmtDgAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengkajian+prosa+fiksi&printsec=frontcover
Yulianthi. 2015. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta: Deepublish. Diakses pada tanggal 3 Desember 2020 dari
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0