Pendidikan Budi Pekerti Cerita Rakyat ‘Malin Kundang dan Sangkuriang’ pada Saluran Channel YouTube Karya Riri Kampung Dongeng

Moral Education in Folklore 'Malin Kundang and Sangkuriang' on the YouTube Channel by Riri Kampung Dongeng

  • Latifah Eka Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Waryanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mochamad Muarifin Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 520 , pdf downloads: 282
Keywords: cerita rakyat, pendidikan budi pekerti, sastra anak

Abstract

Karya sastra merupakan bentuk karya imajinatif yang berupa tulisan atau lisan yang memilki banyak nilai-nilai yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Cerita rakyat merupakan cerita yang berkembang pada masyarakat dan penyebarannya secara turun temurun dan tidak memiliki pengarang yang jelas. Cerita rakyat memuat tentang asal-usul suatu tempat dan asal-usul tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita. Walaupun belum jelas kebenarannya cerita rakyat banyak mengandung nilai-nilai yang bermanfaat bagi kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan budi pekerti pada cerita rakyat “Malin Kundang dan Sangkuriang” pada Saluran Channel Youtube Karya Riri Kampung Dongeng. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Metode penelitian ini dipilih karena pemilihan data tidak menggunakan angka-angka, akan tetapi menggunakan kata-kata sehingga dapat memberikan penejelasan secara rinci dan kompleks. Hasil penelitian menunjukkan cerita rakyat yang disajikan dengan gambar seri memudahkan anak untuk membaca, memahami, dan mengaplikasikan nilai pendidikan budi pekerti dalam kehidupan. Nilai pendidikan budi pekerti yang terdapat dalam cerita rakyat yang berjudul Malin Kundang dan Sangkuriang yaitu nilai pendidikan budi pekerti religius, nilai pendidikan budi pekerti sosial, nilai pendidikan budi pekerti keadilan, nilai pendidikan budi pekerti kejujuran, nilai pendidikan budi pekerti kemandirian, nilai pendidikan budi pekerti daya juang, dan nilai pendidikan budi pekerti tanggung jawab.

References

Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan Iainlain. Jakarta: Grafiti.

Dasir, M. 2018. Nilai-Nilai Religius dalam Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kurikulum 2013. Universitas Islam Indonesia.

Hendropuspito, OC. (2000). Sosiologi Agama. Yogyakarta: Kanisius

Labibah, S. 2021. Analisis Sosiologi Sastra Pada Nilai Soisal dalam Novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran Karya Mashdar Zainal dan Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Membaca Novel di SMA Kelas XII (Doctoral dissertation, Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Maryam, Siti. 2015. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Di SMPN-14 Palangkaraya Tahun Pembelajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bimbingan Konseling. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Moleong, J Lexi. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mustari, M. 2011. Nilai Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.48

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,

Sumardjo, Jakob dan Saini. 1997. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suparno, Paul, dkk, 2002. Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah. Suatu Tinjauan Umum. Yogyakarta: Kanisius

Susanto, Dwi. 2012. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Waryanti, E. 2015. Pembelajaran Sastra Berbasis Karakter. Jurnal Ilmiah Buana Bastra, 2(2), 156-164.

PlumX Metrics

Published
2022-07-15
How to Cite
Sari, L. E., Waryanti, E., & Muarifin, M. (2022). Pendidikan Budi Pekerti Cerita Rakyat ‘Malin Kundang dan Sangkuriang’ pada Saluran Channel YouTube Karya Riri Kampung Dongeng: Moral Education in Folklore ’Malin Kundang and Sangkuriang’ on the YouTube Channel by Riri Kampung Dongeng. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(1), 37-46. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18324
Section
Article