Pembelajaran Apresiasi Bermain Drama Siswa SMK Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017

Appreciation of Drama Play Learning for Vocational High School Students in Kediri Regency, Academic Year 2016/2017

Authors

  • Endang Waryanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i1.12739

Keywords:

apresiasi drama, struktur bermain drama

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangkan ilmu pengetahuan sastra yang kian tahun selalu meningkat.Sastra tidak hanya berisi tentang unsur-unsur yang terkandung dalam sastra itu sendiri, tetapi sastra juga dapat mengandung di dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari adat istiadat, agama, sosial, psikologi. Tahapan penelitian dibagi menjadi 3 yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan tahap pelaporan.Sumber data diperoleh dari pentas teater tradisonal ketoprak dengan durasi waktu 60 menit. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tehnik dokumentasi dan opservasi.Sedangkan tehnik analisis data dilakukan dengan tehnik analisis dokumentasi dan triangulasi data. Pada penelitian ini dilakukan untuk mengecek keabsahan data, dapat dilakukan dengan dua cara yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cristina, 2010. Dasar Pembelajaran Drama. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Effendi, Anwar. 2002. Diktat Kuliah Tealaah Drama. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta: Endraswara.

Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Hamalik Oemar, 2003. Pembelajaran Sastra. Bandung: Angkasa

Karmini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Denpasar: Pustaka Larasan.

Lecy, Moleong J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Luxemburg, 2002. Teori Pengkajian Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum

Mufida, 2011. Metode Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Umum

Nio, 2006. Pengkajian Apresiasi Drama. Bandung. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purwahida, 2009. Metode Pembelajaran Drama. Denpasar: Pustaka Larasan.

Saryono, Djoko. 2009. Dasar Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukmadinata, Nana. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 2007. Drama Naskah, Pementasan, dan Pengajarannya. Surakarta: UNS Press.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wiyatmi, 2006. Pengkajian Prosa dan Drama. Yogyakarta: Citra Aji Pramana.

PlumX Metrics

Published

2018-04-22

How to Cite

Waryanti, E. (2018). Pembelajaran Apresiasi Bermain Drama Siswa SMK Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017: Appreciation of Drama Play Learning for Vocational High School Students in Kediri Regency, Academic Year 2016/2017. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i1.12739

Issue

Section

Article