Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Editorial dan Opini pada Siswa SMA/SMK

Efforts to Improve Editorial and Opinion Writing Skills in High School or Vocational Students

Authors

  • Siti Nurhayati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Siti Mutmainnah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhammad Aditya Surya Saputra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Mahmudah Fitriyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i2.20393

Keywords:

Keterampilan menulis, teks editorial dan teks opini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan berbagai upaya yang dapat ditempuh guna meningkatkan kemampuan menulis teks editorial dan opini pada siswa di tingkat SMA/SMK.  Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif  dengan studi kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membaca artikel-artikel secara mendalam, mengidentifikasi setiap bagian yang mengandung kesulitan siswa ketika mereka membuat teks editorial ataupun opini, selanjutnya dari kesulitan yang telah ditemukan itu, peneliti kemudian menganalisisnya sehingga ditemukanlah upaya penyelesaian yang tepat, yang kemudian akan dideskripsikan menjadi sebuah kalimat atau paragraf.

References

Khasanah, Uswatun, and Ainur Maulud Fina. 2023. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial dengan Media Video Straight News Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya.” J-SES: Journal of Science, Education, and Studies, Volume 2, Nomor 1.

Kusmiati, Imas, Nurdin, and Masrin. 2021. “Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial.” Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 3, Nomor 02. doi: 10.30998/diskursus.v3i02.5985.

Filiandini, Putri. 2022. Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran.”, hlm.1–23.

Nasution, Nella Darbiah, Diah Kusyani, and Siti Fatimah Zahara. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial.” JBIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima, Volume 5, Nomor 1.

Nugrahati, Wahyuni. 2023. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial Melalui Model Think Talk Write ( TTW) Berbantuan Media Video.”, JPIK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, Volume 8, Nomor 1, hlm. 52–61.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

Puspitoningrum, Encil. 2020. “Analisis Permasalahan pada Kebutuhan Belajar Keterampilan Menulis Makalah Mahasiswa Melalui Model Jigsaw di Era Digital (Kajian Awal Lesson Study).” Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, Volume 4, Nomor 1, hlm, 1–11.

Rodriquez, Trivonia Merlin, and S. Pd. 2022. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial dengan Menggunakan Model Jigsaw pada Siswa Kelas XII Upw 8 SMK Sadar Wisata.”, Volume 1, Nomor 2.

Sidiq, Umar, and Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Yuliani, and Sujinah. 2022. “Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Mode Hybrid pada Pembelajaran Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII.” Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 04(2):170–80. DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8856.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-10-31

How to Cite

Nurhayati, S. ., Mutmainnah, S., Surya Saputra, M. A. ., & Fitriyah, M. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Editorial dan Opini pada Siswa SMA/SMK: Efforts to Improve Editorial and Opinion Writing Skills in High School or Vocational Students. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(2), 134–141. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i2.20393