Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Editorial dan Opini pada Siswa SMA/SMK
Efforts to Improve Editorial and Opinion Writing Skills in High School or Vocational Students
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i2.20393Keywords:
Keterampilan menulis, teks editorial dan teks opiniAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan berbagai upaya yang dapat ditempuh guna meningkatkan kemampuan menulis teks editorial dan opini pada siswa di tingkat SMA/SMK. Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membaca artikel-artikel secara mendalam, mengidentifikasi setiap bagian yang mengandung kesulitan siswa ketika mereka membuat teks editorial ataupun opini, selanjutnya dari kesulitan yang telah ditemukan itu, peneliti kemudian menganalisisnya sehingga ditemukanlah upaya penyelesaian yang tepat, yang kemudian akan dideskripsikan menjadi sebuah kalimat atau paragraf.
References
Khasanah, Uswatun, and Ainur Maulud Fina. 2023. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial dengan Media Video Straight News Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya.” J-SES: Journal of Science, Education, and Studies, Volume 2, Nomor 1.
Kusmiati, Imas, Nurdin, and Masrin. 2021. “Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial.” Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 3, Nomor 02. doi: 10.30998/diskursus.v3i02.5985.
Filiandini, Putri. 2022. Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran.”, hlm.1–23.
Nasution, Nella Darbiah, Diah Kusyani, and Siti Fatimah Zahara. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial.” JBIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima, Volume 5, Nomor 1.
Nugrahati, Wahyuni. 2023. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial Melalui Model Think Talk Write ( TTW) Berbantuan Media Video.”, JPIK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, Volume 8, Nomor 1, hlm. 52–61.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFe.
Puspitoningrum, Encil. 2020. “Analisis Permasalahan pada Kebutuhan Belajar Keterampilan Menulis Makalah Mahasiswa Melalui Model Jigsaw di Era Digital (Kajian Awal Lesson Study).” Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, Volume 4, Nomor 1, hlm, 1–11.
Rodriquez, Trivonia Merlin, and S. Pd. 2022. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial dengan Menggunakan Model Jigsaw pada Siswa Kelas XII Upw 8 SMK Sadar Wisata.”, Volume 1, Nomor 2.
Sidiq, Umar, and Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Yuliani, and Sujinah. 2022. “Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Mode Hybrid pada Pembelajaran Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII.” Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 04(2):170–80. DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8856.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0