Dekonstruksi Sikap Hidup Tokoh Masyarakat Madura dalam Cerpen Tandak Karya Royyan Julian

Deconstruction of the Life Attitude of Madurese Community Characters in the Short Story 'Tandak' by Royyan Julian

  • Ardi Wina Saputra Universitas Negeri Malang
Abstract views: 311 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1121
Keywords: dekonstruksi, sikap hidup, tokoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud dekonstruksi sikap hidup tokoh masyarakat Madura dalam cerpen Tandak karya Royyan Julian. Penelitian ini menggunakan metode dekonstruksi Jacques Derrida. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen Tandak karya Royyan Julian dan diterbitkan pada tahun 2015. Data penelitian berupa satuan cerita dari kutipan cerpen yang sesuai dengan fokus serta tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dekonstruksi terhadap sikap hidup tokoh masyarakat Madura khususnya dekonstruksi terhadap tokoh kiai dan dekonstruksi terhadap tokoh blater. Dekonstruksi juga terdapat pada sikap hidup khususnya bentuk penghormatan dalam masyarakat Madura, khususnya dekonstruksi penghormatan pada ibu dan dekosntruksi penghromatan pada kiai.

83 82

Author Biography

Ardi Wina Saputra, Universitas Negeri Malang

 

30

References

Arifin, Imron. 1988. Kepemimpinan Kiai dalam Sistem Pengajaran Kitab-kitab Klasik: Studi Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng. Tesis tidak dipublikasikan. Malang: FPS IKIP.

Barthes, R. 2007. Petualangan Semiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budianto, Irmayanti M. 2002. Realitas dan Objektivitas. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Bouwsma, Elly T. 1989. Kepala Desa Madura: dari Boneka ke Wiraswasta. (dalam Agama, Kebudayaan, dan Ekonomi. Dr Hub de jonge (ed)). Jakarta: Rajawali Pers

Dhofier, Zamakhsyari. 1984. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Easthope, Antony. 1991. British Post-Structuralism sience 1968. New York: Routeldge.

Faizin. 2015. Sikap Hidup Masyarakat Madura dalam Kumpulan Cerpen Mata Blater Karya Mahwi Air Tawar. Jurnal Kembara. Unmuh Malang.

Julian, Royyan. 2015. Tandak. Surabaya: Dewan Kesenian Jawa Timur.

Johnson, M. 1987. The Body in The Mind: The Bodily Basis of Meaning, Imagination and Reason. Chicago: University of Chicago Press.

Kuntowijoyo. 1989. Agama Islam dan Politik: Gerakan-gerakan Sarekat Islam Lokal di Madura 1913-1920. (dalam Agama, Kebudayaan, dan Ekonomi. Dr Hub de jonge (ed)). Jakarta: Rajawali Pers.

Ritzer, G & Goodman, J.D. 2007. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Sastroatmojo, Sudiyono. 1995. Prilaku Politik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sarup, M. 2011. Postrukturalisme dan Postmodernisme. Yogyakarta: Jalasutra.

Wellek, R & Warren, A. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT.Gramedia.

Zulfadhli. 2010. Dekonstruksi dalam Cerpen Malin Kundang Ibunya Durhaka, Karya A.A. Navis. Jurnal Bahasa dan Seni Vol 10. Padang: Universitas Negeri Padang.

Budianto, Irmayanti M. 2005. Membaca Postrukturalisme pada Karya Sastra. Makalah yang disampaikan pada Konferensi Internasional Himpunan Sarjana Busra Kesuasteraan Indonesia (HISKI) di Palembang, 18-21 Agustus 2005.

PlumX Metrics

Published
2017-04-28
How to Cite
Saputra, A. W. (2017). Dekonstruksi Sikap Hidup Tokoh Masyarakat Madura dalam Cerpen Tandak Karya Royyan Julian: Deconstruction of the Life Attitude of Madurese Community Characters in the Short Story ’Tandak’ by Royyan Julian. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 1(1), 10-22. https://doi.org/10.29407/jbsp.v1i1.463
Section
Article