Pengembangan Aplikasi Dokter Pada Materi Rekam Medis di STIKes Bhakti Husada Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi dokter sebagai media pelajaran materi rekam medis di STIKes Bhakti Husada Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur ADDIE. Pengembangan produk awal merupakan proses pembuatan media yang didasarkan pada analisis kebutuhan. Uji ahli atau validasi dilakukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi untuk menilai produk awal serta merevisi produk awal sesuai saran para ahli. Uji lapangan skala kecil dilakukan oleh 8 mahasiswa dan uji lapangan skala besar dilakukan oleh 46 mahasiswa yang menempuh mata kuliah Sistem Informasi Kesehatan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitiannya berupa panduan observasi, panduan wawancara, dan angket. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk media pembelajaran aplikasi dokter materi rekam medis yang telah diuji kelayakannya oleh ahli media, ahli materi dan mahasiswa sebagai pengguna media tersebut. Keseluruhan hasil uji coba menunjukkan hasil yaitu memperoleh kategori sangat layak dengan rincian: (1) uji ahli materi mendapatkan hasil 3,53 atau 88,25% sangat layak, (2) uji ahli media mendapatkan hasil 3,51 atau 87,75% sangat layak, (3) uji skala kecil oleh siswa memperoleh hasil 3,56 atau 89% sangat layak, (4) uji skala besar oleh siswa memperoleh hasil 3,59 atau 89,75% sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan media dapat disimpulkan aplikasi dokter sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi rekam medis di STIKes Bhakti Husada Bengkulu
Downloads
References
Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media.
Borg, W., & Gall, M. (1983). Educa
tional Research: An Introduction 4th edition Longman Inc. New York.
DEPDIKNAS. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. In Pusat Peneltian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kustiyahningsih, Y., & Anamisa, D. R. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. In Programming, Database, Computer Science.
Muqorrobin, F. (2010). Intrumen Penelitian. In Metodelogi Penelitian.
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9–16.
Novendri, M. S., Saputra, A., & Firman, C. E. (2019). Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql. Lentera Dumai, 10(2).
Puslitjaknov, T. (2013). Metode Penelitian Pengembangan Inovasi Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling.
Santosa, M. H. (2008). Pemanfaatan blog (jurnal online) dalam pembelajaran menulis. Pusat Penelitian Dan Kajian Inovatif (Puslitjaknov).
Syahrudin, D. (2016). Peranan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2746
Winarno, E., Zaki, A., & SmitDev Community. (2014). Pemrograman Web Berbasis HTML5, PHP, & JavaScript. In PT Elex Media Komputindo.
Zakky. (2018). Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Zona Referensi Ilmu Pengetahuan Umum.
Copyright (c) 2021 Agus Riyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License