Meta Analisis: Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Kharisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 461 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 821
Keywords: meta-analisis, pendekatan saintifik, hasil belajar siswa

Abstract

The purpose of this study is to analyze the effect of the scientific approach on the student learning result of  Class Subjects, Themes, and Learning Media in elementary schools. In this study using a meta-analysis research method with 10 articles samples from national journals and the instrument is a coding category. The meta-analysis research shows that on the subject class, the scientific approach has a high effect on the student learning result on low grade subjects. For the subject of learning themes, the scientific approach has a high effect on the student learning result in non-theme learning. While from the subject of instructional media, the scientific approach has a high effect on the student learning result in the “papan berpaku” media.

References

Asror, A. H. (2016, February). META-ANALISIS: PBL. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 508-513).

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati, I. M., & Fitriyah, C. Z. Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Ekosistem Di SDN Ajung 03 Jember. Sumber (Masyhud, 2014: 153), 100(O1), O2.

Fogarty, Robin. (2009). How to Integrate the Curricula (Third Edition). United. States of America: Library of Congress Catalonging in Publication Data.

Glass, G.V., McGaw B., & Smith, M.L. 1981. Meta-Analysis in Social Research.

Sage Publications. London: Sage Publications.

Hargiyantoro, D., Rosnita, R., & Kartono, K. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sdn 16 Pontianak Selatan (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Masruro, L., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi IPS Kelas III SD YPI Darussalam Cerme-Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Mulyani, T. (2019). PENGARUH MEDIA PAPAN BERPAKU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN 118 PEMATANG RIDING KABUPATAN SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Pangestika, R. R. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Adobe Flash® pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Keindahan Alam Negeriku. KEGURU" Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar", 2(1), 93-106.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

RADIATUL MAULIDA, A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 3 SUBTEMA 1 BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN SISWA KELAS V SDN 6 PALANGKA DI PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Palangka Raya).

Rahmawati, M. C., & Dewi, N. D. L. (2019). Kombinasi pendekatan saintifik dan lingkungan serta pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa SD. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 28-37.

SUBHANADRI, S. (2018). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 68-77.

Danim, Sudarwan. 2013. Menjadi Peneliti Kualitatif. CV Pustaka Setia: Bandung

Uswatun Chasanah, L. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GENIIUS TURTLE CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM SDN WIYUNG 1/453 SURABAY. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).

Agustia, F., & Simpun, M. P. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 4 SUBTEMA 2 GANGGUAN KESEHATAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH SISWA KELAS V SDN-6 PALANGKA DI PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Palangka Raya).

Published
2020-07-31
How to Cite
Putri, K. E. (2020). Meta Analisis: Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(1), 127-135. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14559