Model realistic mathematic education ditinjau dari aspek kemampuan pemecahan masalah aljabar
Abstract
Mengetahui pengaruh model realistic mathematic education (RME) ditinjau dari aspek kemampuan pemecahan masalah aljabar adalah tujuan dari penelitian ini. Untuk itu, peneliti memilih siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pematangsiantar yang berjumlah 217 Orang yang terbagi dalam tujuh kelas paralel. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII3 yang berjumlah 30 orang yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan test kemampuan pemecahan masalah yang berjumlah 5 butir soal pretest dan 5 butir soal posttest yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data-data yang telah terkumpul baik dari hasil pretest maupun posttest dinyatakan secara deskriptif. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa data telah memenuhi syarat normalitas dan linieritas sehingga dapat dilakukan uji regresi linier. Hasil uji regresi linier memperlihatkan bahwa terdapat hubungan antara nilai pretest dan posttest. Ini artinya bahwa secara signifikan menunjukkan bahwa model RME dapat meningkatkan nilai siswa jika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah sebesar 80.4%.
References
Arikunto, S. (2010). Metode penelitian: Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Duran, M., Işik, H., Mihladiz, G., & Özdemir, O. (2011). The relationship between the pre-service science teachers’ scientific process skills and learning styles. Western Anatolia Journal of Educational Science, 467–476. Retrieved from http://webb.deu.edu.tr/baed/giris/baed/ozel_sayi/467-476.pdf
Febrinal, D. (2016). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui contextual teaching learning (CTL) Di Kelas VIII SMP 44 Sijunjung. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 1(2), 181-192, http://dx.doi.org/10.34125/kp.v1i2.10.
Griffin, P., Care, E., & McGaw, B. (2012). The changing role of education and schools. In Griffin, P., McGaw, B., & Care, E (Ed). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. New York: Springer.
Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R.C.I. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (1), 1-8.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 international results in mathematics (pp. 139-171). Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Mustika, A. M. (2012, November). Penerapan PMRI dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar untuk menumbuhkembangkan pendidikan karakter. In Prosiding: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY , 121-130.
OECD. Publishing, & OECD Development Centre. (2015). OECD Development Pathways Multi-dimensional Review of Myanmar: Volume 2. In-depth Analysis and Recommendations. OECD publishing.
Polya, G. 1975. How to solve It: A new aspect of mathematical method. Diperbarui oleh Conway, John, H. 2004. Princeton: Princeton Science Library.
Primasatya, N. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa pada materi aritmetika sosialmelalui pendekatan realistik berbantuan brosur promosi rumah. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika,, 1(1), 55-66. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/124
Primasatya, N., & Jatmiko, J. (2018). Pengembangan multimedia geometri berbasis teori berpikir van hiele guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. JIPMat, 3(2), 115-121. http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2745
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA: Perkembangan kompetensi guru. Bandung: Penerbit Tarsito.
Santia, I. (2015). Cara berpikir geometris siswa dalam menentukan hubungan antar bangun segiempat melalui pembelajaran matematika realistik didasarkan pada tingkat kemampuan matematika siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2). 145-158. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/233
Sugiman. (2008). Pandangan matematika sebagai aktivitas insani beserta dampak pembelajarannya. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2). 61-71. https://doi.org/10.22342/jpm.2.2.303.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh model realistic mathematic education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3 (2), 115-122.
Syahlan. (2017). Sepuluh strategi dalam pemecahan masalah matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, Vol. 4 (6), 358-369.
Yusimarliah, E. (2015). Pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1 (1), 1–15.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License