Implementasi Aplikasi Geogebra Graphing Calculator Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi media pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra Graphing Calculator dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas mahasiswa dalam mata kuliah matematika ekonomi. Metode penelitian yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Classroom Action Research atau metode kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data pengamatan dalam kegiatan ini dikumpulkan melaui lembar observasi, dokumentasi dan tes. Subyek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi S-1 Manajemen semester gasal 2018/2019 yang menempuh mata kuliah Matematika Ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata rata aktivitas mahasiswa berkriteria cukup dengan skor persentase 62,33 %, siklus II mengalami peningkatan rata rata aktivitas mahasiswa berkriteria sangat baik dengan skor persentase 85,07 %. Kemampuan pemecahan masalah yang ditunjukan dengan rata-rata skor hasil belajar pada siklus I sebesar 78,06, pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata skor hasil belajar sebesar 91,78. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi media pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra Graphing Calculator dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas mahasiswa dalam mata kuliah matematika Ekonomi.
References
Ibrahim, dkk. 2000. Media Pembelajaran. Malang: Depdiknas
Juraman SRodrick .2014. Pemanfaatan Smartphone Android Oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Dalam Mengakses Informasi Edukatif .https://ejournal.unsrat.ac.id. Journal Volume III. No.1. Tahun 2014. Diakses pada tanggal 15 Juni 2017 Pukul 09.00 WIB.
Mahmudi Ali. 2011. Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. http://staffnew.uny.ac.id/. Diakses pada tanggal 15 Juni 2017 Pukul 09.30 WIB.
Sarwiji Suwandi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Smaldino, Sharon E. et al.(2005). Instructional Technology and Media For Learning. New Jersey:Prentice Hall
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Erlangga.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License