Lembar Kerja Siswa Berbantuan Geogebra Sebagai Upaya Membantu Pemahaman Siswa Materi Limit Fungsi Aljabar

Authors

  • Fimmatur Rizka Ardina

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses prototyping LKS berbantuan GeoGebra sebagai upaya membantu pemahaman siswa dan mengujikannya dalam kelompok kecil untuk mengetahui kriteria valid, praktis dan efektif pada LKS. Penelitian ini menitik beratkan pada GeoGebra sebagai salah satu media untuk membuat pengalaman belajar siswa lebih menyenangkan. Belajar yang menyenangkan membuat siswa lebih tertarik berpartisipasi secara aktif dalam pembelajarannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan Plomp (2000) yang melibatkan tiga fase yaitu preliminary research, protoyping phase dan assessment phase. Sebagai upaya untuk mengetahui pemahaman siswa, maka peneliti menggunakan interumen berupa tes tulis di akhir pembelajaran. Hasil uji coba produk pada kelompok kecil menunjukkan bahwa lembar kerja siswa berbantuan GeoGebra sebagai upaya membantu pemahaman siswa telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Kata kunci: GeoGebra, Lembar Kerja Siswa, Pemahaman

PlumX Metrics

Published

2016-05-15

How to Cite

Ardina, F. R. (2016). Lembar Kerja Siswa Berbantuan Geogebra Sebagai Upaya Membantu Pemahaman Siswa Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/397

Issue

Section

Artikel