Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle

Authors

  • Desi Gita Andriani Universitas Wahidiyah Kediri
  • Jatmiko Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12329

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan diterapkannya kurikulum K-13, namun kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 8 Kediri masih belum dapat maksimal karena siswa kurang mampu memberikan penjelasan seperti menganalisis soal matematikan, menggunakan pengetahuan awal penalaran matematika dan menentukan cara lain dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian merupakan penelitian eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri. Teknik analisis data yang digunakan adalah Idependent Sample t Test. Hasil penelitian ini menyatakan model pembelajaran Learning Cycle berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP, dengan thitung = 5,499 dan ttabel, 5%;66 = 1,997.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arini, S., Haryono, H., & Saputro, S. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas Xi Mia 1 SMA Negeri 1 Banyudono Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 161–170. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9762/8061

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities.
Last Revised. Emeritus Proffessor: University of Illinois.

Ghozali, I. (2011). ). Analisis Multivariat dengan Program SPSS,Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Elex.

Huda, M. (2013). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 61–67. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.325

Lau. (2011). An Introduction to Critical Thinking and Creativity: Think More, Think Better. USA: John Wiley &Sonc.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Margono, S. (2009). Metodolegi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mufidah, E., & Purwanti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117–125.

Rumpawati, N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(1), 1265–1272.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sunabar. (2012). Statistika Matematika: Probabilitas, Distribusi, dan Asimtotis dalam Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

PlumX Metrics

Published

2018-11-03

How to Cite

Andriani, D. G., & Jatmiko, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 125–131. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12329