Menumbuhkan Budaya Literasi di SDN Toyoresmi Melalui Kampus Mengajar Angkatan 7
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i1.23117Keywords:
literasi, numerasi, kampus mengajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi di SDN Toyoresmi melalui peran mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7. Permasalahan rendahnya kemampuan literasi siswa diidentifikasi melalui hasil pre-test AKM siswa kelas 5 yang menunjukkan rata-rata skor literasi sebesar 44,8%. Untuk mengatasi hal ini, peneliti melaksanakan program kerja diantaranya: Sudut baca, Mading literasi, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pra Pembelajaran, Literasi camp, dan Mural peta Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan, setelah program diterapkan, rata-rata skor literasi naik siswa kelas 5 SDN Toyoresmi naik menjadi 74%, dengan kata lain program kerja peneliti melalui program Kampus Mengajar 7 efektif meningkatkan kemampuan literasi siswa di SDN Toyoresmi sebesar 29,2%.
Downloads
References
Alokafani, Y., & Muhsam, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Kota Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 308–313.
Bahrudin, D. V. Y., & Yuliawati, F. (2022). Pendampingan Reading Corner dalam Menumbuhkan Minat Baca dan Budaya Literasi bagi Peserta Didik Sekolah Dasar di SDN Plakpak 2 Pamekasan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 1081–1090.
Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 35–38.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098.
Harianja, S. I., Kurnia, L., & Trimayani, R. (2023). Upaya program kampus mengajar terhadap peningkatan literasi dan numerasi peserta didik di SD Negeri 066/IX Sengeti. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 813–819.
Hasibuan, A. R. H., Aufa, A., Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7411–7419.
Purwasih, J. H. G., & Wahananto, J. (2022). Mengenal asesmen kompetensi minimum (akm): pelatihan guru yayasan pondok pesantren fathul hidayah lamongan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 5(1), 1–7.
Rifqi, A. B. (2021). Pengaruh implementasi asesmen projek terhadap karakter dan literasi sains siswa kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 96–102.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cindy Aura Fatmawati, Zainal Arifin, Eunike Rose Mita Lukiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License