Transformasi Pendidikan Abad ke-21 Melalui Penerapan Program Kampus Mengajar Angkatan 6: Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SMPN 2 Karangrejo 21st Century Education Transformation Through the Implementation of the Class 6 Teaching Campus Program: Improving Literacy and Numeracy at SMPN 2 Karangrejo Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Elen Firdaus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penerapan Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam meningkatkan literasi dan numerasi di SMPN 2 Karangrejo sebagai bagian i dari transformasi pendidikan abad ke-21. Dilaksanakan pada periode 14 Agustus 2023 hingga 1 Desember 2023, penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan fokus pada 20 peserta didik kelas 8. Penelitian menyoroti langkah konkret yang diambil untuk meningkatkan literasi dan numerasi dengan merinci penerapan program, termasuk Gerakan Literasi Sekolah, Lomba Kepenulisan, dan Pelatihan Pembuatan Ecobrick. Transformasi terlihat melalui perubahan positif dalam interaksi dan dinamika pembelajaran, sebagaimana terungkap melalui hasil observasi dan wawancara dengan para guru. Lebih lanjut, penelitian membahas latar belakang perlu ditingkatkannya kemampuan literasi dan numerasi di SMPN 2 Karangrejo, memberikan konteks yang lebih jelas untuk signifikansi transformasi yang terjadi. Dengan pre-test yang mengukur pemahaman awal siswa dan post-test yang menunjukkan peningkatan yang nyata, penelitian ini merinci perubahan konkret yang tercapai melalui penerapan program tersebut. Hasilnya penelitian menunjukkan terjadi peningkatan signifikan dari pre-test menuju post-test.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Firdaus, E. (2023). Transformasi Pendidikan Abad ke-21 Melalui Penerapan Program Kampus Mengajar Angkatan 6: Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SMPN 2 Karangrejo: 21st Century Education Transformation Through the Implementation of the Class 6 Teaching Campus Program: Improving Literacy and Numeracy at SMPN 2 Karangrejo. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 3(2), 86–97. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v3i2.22020

References

  1. Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
  2. Etistika Y W, Dwi A S, & Amat N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.