Main Article Content

Abstract

Strategi cost leadership dapat membantu pengusaha dalam memenangkan pasar. Pada pelaksanaannya cost leadership memiliki resiko yang membuat pengusaha tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing cost leadership yang digunakan pada UD. Aya yang berlokasi di desa Pakuniran Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso, dengan waktu penelitian 2 bulan yaitu Oktober sampai November 2022. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Informan penelitian yaitu pemilik UD. Aya dan karyawan sebagai informan pendukung. Sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari hasil observas dan wawancara secara langsung dengan pemilik dan karyawan UD. Aya. Data sekunder yaitu informasi dari dokumen, buku, jurnal dan sebagainya. Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yaitu reduksi data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Aya menggunakan strategi cost leadership dengan melakukan pengendalian biaya secara efektif dan menyeluruh, dengan memaksimalkan kegiatan operasional dan penjualan, serta mencari cara mengurangi biaya.

Keywords

Strategi bersaing Strategi cost leadership Usaha sembako

Article Details

How to Cite
Lailiyah, S. N., Widodo, J., & Zulianto, M. (2023). Analisis Strategi Cost Leadership Pada Usaha Sembako UD. Aya Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 3(2), 73-79. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v3i2.20490

References

  1. Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
  2. Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja. Mitra Wacana Media, Jakarta.
  3. Ehie, I. Muogboh, O. (2016). Enterpreneurial Orientation and Innovation Performance: The Mediating Role of Knowledge Management. SCMS Journal of Indian Management, 6(1), 257-275.
  4. Gorondutse, A. H. Hilman, H. (2017) Influence of differentiation strategy on performance of hotels: the moderating role of environmental munificence. A Journal of the Academy of Business and Retail Management. 11(4), 150-161.
  5. Kharub, M. Patle, B. K. Sharma, G. (2016). The Relationship between Differentiation Strategy and Firm Performance: a Mediating Role of Quality Management. IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering (IOSMR-JMCE), 66-71.
  6. Khusna. (2016). Analisis Strategi Cost Leadership pada PT.AJE Indonesia.
  7. Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media, Jakarta.
  8. Marlina, L. Rahayu, A. Wibowo, L. A. (2020). Strategi Keunggulan Kompetitif Terhadap Kinerja Industri Kreatif Bordir Tasikmalaya. Co-Management. 3(3), 423-432.
  9. Mata, B. A. Aliyu, M. (2014). The Relationship Between Some Determinants of SME Performance in Nigeria: A Qualitative Approach. European Journal of Business and Management. 6(2), 107-114.
  10. Solihin, I. (2012). Manajemen Strategik. Erlangga, Jakarta.
  11. Tarigan. (2009). Pengaruh Implementasi ERP terhadap Product Differentiation dan Cost Leadership dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Manufaktur Jawa Timur). Jurnal Manajemen Pemasaran. 4(1), 11-15.
  12. Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. CV. ANDI OFFSET, Yogyakarta.
  13. Wijaya, A, J. Sujoko, E. (2019). Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen Berbasis Levers of Control untuk Menunjang Strategi Cost Leadership pada CV. BMT Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 7(2), 979-996.
  14. Yasa, N, N, K. (2016). Manajemen Strategik Analisis Lingkungan untuk Menghasilkan Alternatif Strategi. Udayana University Press, Denpasar.