Pengaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perubahan pola belajar memberikan tuntutan pada mahasiswa yakni dengan keadaan percaya pada kemampuan sendiri, percaya bahwa kemampuan dapat tumbuh, dorongan ingin tahu, dorongan ingin sukses, serta dorongan ingin bekerjasama, kemudian berinisiatif, tekun, dan mandiri. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui pengaruh efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar mandiri. Adapun rancangan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan desain korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 488 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa skala efikasi diri, skala motivasi berprestasi, dan skala kesiapan belajar mandiri. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisi regresi berganda dengan melalui uji asumsi sebagai prasyarat. Hasil uji asumsi yang meliputi normalitas dan heteroskedastisitas telah dinyatakan layak. Kemudian, pada hasil analisis regresi berganda dengan nilai t hitung > t tabel maka, nilai efikasi diri sebesar 12,060 > 2,248 ini berarti bahwa H1 diterima. Selanjutnya, nilai motivasi berprestasi sebesar 5,992 > 2,248 ini berarti bahwa H2 diterima. Pada uji F simultan dengan nilai F hitung sebesar 90,524 > F tabel sebesar 1,195 yang artinya bahwa H3 diterima, maka ini diartikan secara simultan efikasi diri dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kesiapan belajar mandiri. Dapat disimpulkan bahwa kesiapan belajar mandiri mahasiswa meningkat disebabkan adanya efikasi diri dan dorongan mencapai tujuan atau motivasi berprestasi. Sehingga, berdasarkan tujuan penelitian ini memberikan kontribusi berupa kesiapan belajar mandiri yang dimiliki mahasiswa dapat memperlancar proses pendidikan dalam situasi apapun.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84(2), 191-215.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy – The Exercise of Control (Fifth Printing, 2002). W.H. Freeman & Company.
Basri, H. (1996). Qualified Youth: Adolescent problems & solutions. Student Library.
Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad AL Banjari. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39-50.
Fathilla, F., Sari, M. I., Oktaria, D., & Susianti. (2018). Hubungan Efikasi Diri terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Tingkat Pertama. Journal Agromedicine, 5(1), 389-394.
Field, A. (2009). Discovering Statistics Using SPSS (Third Edition). SAGE Publications Inc.
Firdaningsih. (2016). Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, 1(1), 47-60. https://doi.org/10.22236/JPPP_Vol1No1
Fisher, M., King, J., & Tague, G. (2001). Development of a self-directed learning readiness scale for nursing education. Nurse Education Today, 21, 516-525. https://doi.org/10.1054/nedt.2001.0589
Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal of EST, 1(2), 86-101.
Gibbons, M. (2002). The self-directed learning handbook: Challenging adolescent students to excel. John Wiley & Sons.
Holleb, A. J. (2016). Principal Self-Efficacy Beliefs: What Factors Matter?. Dissertation. submitted to the faculty of the Virginia Polytechnic Institute and State University.
Humaira, S. A., & Hurriyah, I. A. (2018). Students’ Perspectives towards Self-Directed Learning out of Classroom. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 145.
Islam, M. R. (2018). Sample Size and Its Role in Central Limit Theorem (CLT). International Journal of Physics & Mathematics, 1(1), 37-47. https://doi.org/https://doi.org/10.31295/ijpm.v1n1.42
Kline, R. B. (2016). Principles and Practice of Structural Equation Modeling, Fourth Edition. Guilford Publications, Inc.
Knowles, M. S. (1975). Self-directed learning: A guide for learners and teachers. Cambridge.
Lestari, S. M. P., Sandayanti, V., Putri, D. F., & Alfino, N. S. (2021). Kesiapan Belajar Mandiri Pembelajaran E-Learning pada Masa COVID-19 Mahasiswa Kedokteran Malahayati Angkatan 2017. Jurnal Sosial Sains, 1(3), 210-218.
Marzanita, F., & Utami, R. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Self-Directed Learning Readiness (SDLR) Mahasiswa Tingkat III Akademi Kebidanan Anugerah Bintan Tanjung Pinang Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Zona Kebidanan, 8(1), 60-67.
Mirzawati, N., Neviyarni, & Rusdinal. (2020). The Relationship between Self-efficacy and Learning Environment with Students' Self-directed Learning. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(1), 37-42. https://doi.org/10.24036/4.14343
Mohd, F., Daud, E. H. C., & Elzibair, I. (2015). The Usage of Online Assessment Towards Self-Efficacy Readiness in Learning. IMCOM ’15: Proceedings of the 9th International Conference on Ubiquitous Information Management and Communication, Bali, Indonesia.
Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Nadi, M. A., Gordansheka, M., & Golparvar, M. (2011). Effect of critical thinking, problem-solving and metacognitive on student self-directed learning. Curriculum Planning & Knowledge Research in Educational Sciences, 8(1,2).
Naeimi, L., Bigdeli, S., & Arabshahi, K. S. (2012). Level of self-directed learning readiness in medical students. Education Strategy in Medical Sciences, 5(3), 177-181.
Nyambe, H., Harsono, & Rahayu, G. R. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Self-Directed Learning Readiness Pada Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua dan Ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 5(2), 67-77.
Ormrod, J. E. (2006). Educational psychology: Developing learners (5th ed.). Pearson/Merrill Prentice Hall.
Pravesti, C. A., Wiyono, B. B., Handarini, D. M., Triyono, & Atmoko, A. (2020). Examining The Effects of Guidance and Counseling Services to The Self-Regulated Learning for College Students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 33-45. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17478/jegys.664548
Purwanto. (2004). Psikologi Pendidikan (Cetakan ke-20). Remaja Rosdakarya.
Ragil, E., Ariyanto, R. D., Ratnawati, V., Ningsih, R., & Valdino, D. R. (2019). Penerapan Teknik Modeling Berbasis Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(1), 50-59.
Ramli, N., Muljono, P., & Afendi, F. M. (2018). Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Self-Directed Learning Readiness dan Prestasi Akademik. Jurnal Kependidikan, 2(1), 153-166.
Saeid, N., & Eslaminejad, T. (2017). Relationship between Student’s Self-Directed-Learning Readiness and Academic Self-Efficacy and Achievement Motivation in Students. International Education Studies, 10(1), 225-232. https://doi.org/10.5539/ies.v10n1p225
Setyaputri, N. Y. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual dengan Komik Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 3(1), https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/311
Sofianti, R. P., & Mufidah, E. F. (2021). Efektifitas Pendekatan Soluction-Focused Brief Therapy (SFBT) melalui Teknik Miracle Question dalam Konseling Individu untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 6(1), 96-101.
Timmins, F. (2008). Take time to facilitate self-directed learning. Nursing Education Practice, 8(5), 302-205. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nepr.2008.02.004
Triastuti, N. J. (2016). The Relationship of Self-Directed Learning Readiness and Learning Motivation Towards Learning Achievement of First-Year Medical Students. The 2nd International Conference on Science, Technology, and Humanity.
Tridellya, F., Anisa, R., & Damayanti, D. S. (2019). Korelasi Motivasi dan Kesiapan Belajar Mandiri terhadap Kelulusan Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Universitas Islam Malang. Jurnal Bio Komplementer Medecine, 6(3), 1-8.
Turan, M. B., & Koç, K. (2018). The Impact of Self-Directed Learning Readiness on Critical Thinking and Self-Efficacy among the Students of the School of Physical Education and Sports. International Journal of Higher Education, 7(6), 98-105. https://doi.org/https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n6p98
Widodo, A., Nursaptini, Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness?. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 149-160. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801
Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia.
Wulandari, D. P., & Pravesti, C. A. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Keyakinan dalam Peningkatan Efikasi Diri Siswa SMP. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1). https://doi.org/DOI: 10.25273/counsellia.v11i18882