Pengaruh Bimbingan Teman Sebaya Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019

Main Article Content

Primasari Ega Novilia
Setya Adi Sancaya
Nora Yuniar Setyaputri

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari hasil praktek kerja lapangan peneliti, bahwa kemampuan komunikasi peserta didik kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri rendah. Rumusan masalah yang diambil adalah “Adakah pengaruh pemberian bimbingan teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas XI IPS di SMAN 7  kota kediri tahun ajaran 2018/2019?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 7 Kota Kediri sebanyak 134 peserta didik, dengan sampel penelitian kelas XI IPS 1 sebanyak 5 peserta didik, kelas XI IPS 2 sebanyak 3 peserta didik  kelas XI IPS 3 sebanyak 4 peserta didik, kelas XI IPS 4 sebanyak 7 peserta didik dan kelas XI IPS 5 sebanyak 3 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala kemampuan komunikasi interpersonal. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,788. Penelitian ini menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh bimbingan teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 34,799> 2,080 pada taraf signifikansi 5%. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa   bimbingan   teman   sebaya   berpengaruh   untuk   meningkatkan   kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Novilia, P. E., Sancaya, S. A., & Setyaputri, N. Y. (2018). Pengaruh Bimbingan Teman Sebaya Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(2), 67-71. https://doi.org/10.29407/nor.v5i2.13062
Section
Artikel
Bookmark and Share

References

Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Dirjen PMPTK DIKNAS.
Astiningrum, Y. 2013. Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta didik. Artikel Jurnal. Yogyakarta : Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Asmara, T. 2007. Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group Dalam Meningkatkan Konsep Diri Peserta didik Kelas III A di SMP Mardipeserta didik 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. (online), Semarang : Universitas Negeri Semarang. diunduh 9 Oktober 2017.
Azwar, S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Klinik. Jakarta : Rineka Cipta.
Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hanurawan, F. 2010. Psikologi Sosial. Bandung : Griya Sekar Terasi.
Iceu, R. 2011. Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus, (1), 368-376. http//jurnal.upi.edu. diunduh 17 oktober 2017.
Mulyana, D. 2010. Ilmu Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nurihsan, J.(2003). Proses Pembentukan Teman Sebaya Pada Remaja dan Etika Pergaulan Serta Dampaknya Terhadap Aspek Sosial Remaja. Makalah pada seminar remaja gaul dan perspektif psikologis di Auditorium FPMIPA UPI tanggal 18 Januari 2003.
Pramono, Dewi, Aulitunda. 2010. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Seksual Sehat Remaja Di SMAN 8 Samarinda tahun 2010. Tersedia : htpp:/ejournal.com diunduh 13 agustus 2018.
Regina. Y. 2016. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Komitmen Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Di Smpn 1 Raja Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>