Pengaruh Bimbingan Teman Sebaya Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berdasarkan dari hasil praktek kerja lapangan peneliti, bahwa kemampuan komunikasi peserta didik kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri rendah. Rumusan masalah yang diambil adalah “Adakah pengaruh pemberian bimbingan teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas XI IPS di SMAN 7 kota kediri tahun ajaran 2018/2019?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 7 Kota Kediri sebanyak 134 peserta didik, dengan sampel penelitian kelas XI IPS 1 sebanyak 5 peserta didik, kelas XI IPS 2 sebanyak 3 peserta didik kelas XI IPS 3 sebanyak 4 peserta didik, kelas XI IPS 4 sebanyak 7 peserta didik dan kelas XI IPS 5 sebanyak 3 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala kemampuan komunikasi interpersonal. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,788. Penelitian ini menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh bimbingan teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 34,799> 2,080 pada taraf signifikansi 5%. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa bimbingan teman sebaya berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Astiningrum, Y. 2013. Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta didik. Artikel Jurnal. Yogyakarta : Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Asmara, T. 2007. Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group Dalam Meningkatkan Konsep Diri Peserta didik Kelas III A di SMP Mardipeserta didik 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. (online), Semarang : Universitas Negeri Semarang. diunduh 9 Oktober 2017.
Azwar, S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Klinik. Jakarta : Rineka Cipta.
Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hanurawan, F. 2010. Psikologi Sosial. Bandung : Griya Sekar Terasi.
Iceu, R. 2011. Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus, (1), 368-376. http//jurnal.upi.edu. diunduh 17 oktober 2017.
Mulyana, D. 2010. Ilmu Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nurihsan, J.(2003). Proses Pembentukan Teman Sebaya Pada Remaja dan Etika Pergaulan Serta Dampaknya Terhadap Aspek Sosial Remaja. Makalah pada seminar remaja gaul dan perspektif psikologis di Auditorium FPMIPA UPI tanggal 18 Januari 2003.
Pramono, Dewi, Aulitunda. 2010. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Seksual Sehat Remaja Di SMAN 8 Samarinda tahun 2010. Tersedia : htpp:/ejournal.com diunduh 13 agustus 2018.
Regina. Y. 2016. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Komitmen Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Di Smpn 1 Raja Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.