Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Pemanfaatan Teknologi AI dalam membuat Quiz Interaktif Matematika

Authors

  • Widi Wulansari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jatmiko Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri https://orcid.org/0000-0002-2593-2395
  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aan Nurfahrudianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahid Ibnu Zaman Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27888

Keywords:

Artificial Intelligence, Quiz Interaktif, Pembelajaran Matematika, Guru Sekolah Dasar, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Sekolah Dasar dalam memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai sarana evaluasi pembelajaran matematika melalui pembuatan quiz interaktif. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif melalui tahapan sosialisasi dan analisis kebutuhan, pelatihan pembuatan quiz interaktif berbasis AI, penerapan teknologi dalam pembelajaran, pendampingan dan evaluasi, serta program keberlanjutan melalui pembentukan komunitas belajar guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan yang bersifat aplikatif dan disertai pendampingan mampu meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kepercayaan diri guru dalam mengintegrasikan teknologi AI ke dalam pembelajaran matematika. Evaluasi kegiatan menunjukkan capaian pada kategori sangat baik pada seluruh aspek penilaian. Pemanfaatan quiz interaktif berbasis AI juga berkontribusi pada peningkatan interaktivitas pembelajaran dan pemanfaatan data hasil belajar siswa sebagai dasar pengambilan keputusan pedagogis. Secara keseluruhan, kegiatan PKM ini memberikan kontribusi positif terhadap penguatan profesionalisme guru dan mendukung implementasi pembelajaran berbasis teknologi yang selaras dengan Kurikulum Merdeka. Model kegiatan ini berpotensi untuk direplikasi pada konteks sekolah dasar lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 3 , PDF downloads: 0

References

Citrawati, T., Supriyanto, T., Suminar, T., & Haryadi. (2025). Futurologi pendidikan bahasa di era digital: Eksplorasi artificial intelligence untuk literasi anak usia sekolah dasar. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Special Edition(Lalong VI), 463–474.

Dewi, N. P., Dewi, N. M., & Meha, S. (2025). Peran artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi pendidikan. Pekan Ilmiah Pelajar, 1, 1–23. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/download/11248/8334

Gani, A. (2025). Workshop pengembangan media pembelajaran interaktif kimia menggunakan Canva dan ChatGPT. Al-Dyas: Jurnal Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(3), 1436–1449.

Ifenthaler, D., & Yau, J. Y. K. (2020). Utilising learning analytics to support study success in higher education: A systematic review. Educational Technology Research and Development, 68(4), 1961–1990. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09788-z

Jatmiko, J., Handayani, A. D., Darsono, Widodo, S., Katminingsih, Y., Septiarani, D., & Kristianti, L. (2024). Penguatan implementasi Kurikulum Merdeka dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dedikasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 104–113. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dedikasi

Kasmayanti, N. U., Setyaningrum, V., & Atmaja, D. S. (2023). Pengembangan bahan ajar chatbot berbasis artificial intelligence pada materi sistem pencernaan manusia kelas V di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 294–307.

Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2019). Intelligence unleashed: An argument for AI in education. UCL Knowledge Lab. https://discovery.ucl.ac.uk/id/eprint/1475756/

Pangestu, Y. A., Handayani, A. D., Jatmiko, Nurfahrudianto, A., & Santia, I. (2025). Pancanaka : Inovasi Media Pembelajaran Game Visual Novel Berbasis Etnomatematika Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 278–291. https://doi.org/10.38048/jipcb.v12i1.4990

Williamson, B., & Eynon, R. (2020). Historical threads, missing links, and future directions in AI in education. Learning, Media and Technology, 45(3), 223–235. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1798995

Woolf, B. P., & Lane, H. C. (2018). AI for education. In Proceedings of the AAAI Conference on Artificial Intelligence.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-12-22

How to Cite

Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Pemanfaatan Teknologi AI dalam membuat Quiz Interaktif Matematika. (2025). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 5(2), 362-372. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27888

Similar Articles

61-70 of 71

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>