Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i2.24858Keywords:
kurikulum merdeka, teknologi, pembelajaranAbstract
SDN Ngadirejo Trisula 1 di Kabupaten Kediri memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, namun menghadapi tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka dan pemanfaatan teknologi. Program penguatan ini bertujuan untuk memberikan solusi praktis melalui pelatihan dan pendampingan bagi guru kelas disana. Kegiatan difokuskan pada peningkatan pemahaman Kurikulum Merdeka, dan optimalisasi pemanfaatan teknologi. Pelatihan ini berhasil membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan, serta menumbuhkan motivasi dan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan implementasi Kurikulum Merdeka dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Program ini direkomendasikan untuk terus dikembangkan dengan pengayaan materi, peningkatan interaksi, dan penyediaan fasilitas memadai demi keberlanjutan peningkatan kualitas pembelajaran
Downloads
References
Astuti, A. (2018). Evaluasi Program Pelatihan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 123-135.
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Inovatif: Strategi dan Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Johnson, L., Adams Becker, S., Cummins, M., Estrada, V., & Matta, G. (2015). NMC Horizon Report: 2015 Higher Education Edition. Austin, Texas: The New Media Consortium.
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Pangesti, F. (2018). Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Matematika. Disertasi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu, P., & Hidayat, T. (2020). Analisis Kendala Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 45-58.
Sukamto, S. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Suryaningsih, E., & Nurlita, E. (2021). Efektivitas Pelatihan Berbasis Microteaching dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 101-112.
Susilowati, E., Fithriani, R., & Setyaningrum, R. (2020). Pengembangan Model Pendampingan Profesional Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Abad ke-21. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(1), 34-45.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0