Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran

Authors

  • Jatmiko Jatmiko Universitas Nuantara PGRI Kediri
  • Aprilia Dwi Handayani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Darsono Darsono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yuni Katminingsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dike Septiarani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lina Kristianti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i2.24858

Keywords:

kurikulum merdeka, teknologi, pembelajaran

Abstract

SDN Ngadirejo Trisula 1 di Kabupaten Kediri memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, namun menghadapi tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka dan pemanfaatan teknologi. Program penguatan ini bertujuan untuk memberikan solusi praktis melalui pelatihan dan pendampingan bagi guru kelas disana. Kegiatan difokuskan pada peningkatan pemahaman Kurikulum Merdeka, dan optimalisasi pemanfaatan teknologi. Pelatihan ini berhasil membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan, serta menumbuhkan motivasi dan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan implementasi Kurikulum Merdeka dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Program ini direkomendasikan untuk terus dikembangkan dengan pengayaan materi, peningkatan interaksi, dan penyediaan fasilitas memadai demi keberlanjutan peningkatan kualitas pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, A. (2018). Evaluasi Program Pelatihan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 123-135.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Inovatif: Strategi dan Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Johnson, L., Adams Becker, S., Cummins, M., Estrada, V., & Matta, G. (2015). NMC Horizon Report: 2015 Higher Education Edition. Austin, Texas: The New Media Consortium.

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pangesti, F. (2018). Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Matematika. Disertasi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, P., & Hidayat, T. (2020). Analisis Kendala Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 45-58.

Sukamto, S. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Suryaningsih, E., & Nurlita, E. (2021). Efektivitas Pelatihan Berbasis Microteaching dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 101-112.

Susilowati, E., Fithriani, R., & Setyaningrum, R. (2020). Pengembangan Model Pendampingan Profesional Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Abad ke-21. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(1), 34-45.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran. (2024). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 4(2), 104-113. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i2.24858

Similar Articles

1-10 of 25

You may also start an advanced similarity search for this article.