Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Pemanfaatan Teknologi AI dalam membuat Quiz Interaktif Matematika
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27888Keywords:
Artificial Intelligence, Quiz Interaktif, Pembelajaran Matematika, Guru Sekolah Dasar, Pengabdian Kepada MasyarakatAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Sekolah Dasar dalam memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai sarana evaluasi pembelajaran matematika melalui pembuatan quiz interaktif. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif melalui tahapan sosialisasi dan analisis kebutuhan, pelatihan pembuatan quiz interaktif berbasis AI, penerapan teknologi dalam pembelajaran, pendampingan dan evaluasi, serta program keberlanjutan melalui pembentukan komunitas belajar guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan yang bersifat aplikatif dan disertai pendampingan mampu meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kepercayaan diri guru dalam mengintegrasikan teknologi AI ke dalam pembelajaran matematika. Evaluasi kegiatan menunjukkan capaian pada kategori sangat baik pada seluruh aspek penilaian. Pemanfaatan quiz interaktif berbasis AI juga berkontribusi pada peningkatan interaktivitas pembelajaran dan pemanfaatan data hasil belajar siswa sebagai dasar pengambilan keputusan pedagogis. Secara keseluruhan, kegiatan PKM ini memberikan kontribusi positif terhadap penguatan profesionalisme guru dan mendukung implementasi pembelajaran berbasis teknologi yang selaras dengan Kurikulum Merdeka. Model kegiatan ini berpotensi untuk direplikasi pada konteks sekolah dasar lainnya.
Downloads
References
Citrawati, T., Supriyanto, T., Suminar, T., & Haryadi. (2025). Futurologi pendidikan bahasa di era digital: Eksplorasi artificial intelligence untuk literasi anak usia sekolah dasar. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Special Edition(Lalong VI), 463–474.
Dewi, N. P., Dewi, N. M., & Meha, S. (2025). Peran artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi pendidikan. Pekan Ilmiah Pelajar, 1, 1–23. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/download/11248/8334
Gani, A. (2025). Workshop pengembangan media pembelajaran interaktif kimia menggunakan Canva dan ChatGPT. Al-Dyas: Jurnal Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(3), 1436–1449.
Ifenthaler, D., & Yau, J. Y. K. (2020). Utilising learning analytics to support study success in higher education: A systematic review. Educational Technology Research and Development, 68(4), 1961–1990. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09788-z
Jatmiko, J., Handayani, A. D., Darsono, Widodo, S., Katminingsih, Y., Septiarani, D., & Kristianti, L. (2024). Penguatan implementasi Kurikulum Merdeka dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dedikasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 104–113. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dedikasi
Kasmayanti, N. U., Setyaningrum, V., & Atmaja, D. S. (2023). Pengembangan bahan ajar chatbot berbasis artificial intelligence pada materi sistem pencernaan manusia kelas V di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 294–307.
Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2019). Intelligence unleashed: An argument for AI in education. UCL Knowledge Lab. https://discovery.ucl.ac.uk/id/eprint/1475756/
Pangestu, Y. A., Handayani, A. D., Jatmiko, Nurfahrudianto, A., & Santia, I. (2025). Pancanaka : Inovasi Media Pembelajaran Game Visual Novel Berbasis Etnomatematika Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 278–291. https://doi.org/10.38048/jipcb.v12i1.4990
Williamson, B., & Eynon, R. (2020). Historical threads, missing links, and future directions in AI in education. Learning, Media and Technology, 45(3), 223–235. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1798995
Woolf, B. P., & Lane, H. C. (2018). AI for education. In Proceedings of the AAAI Conference on Artificial Intelligence.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widi Wulansari, Jatmiko Jatmiko, Nurita Primasatya, Aan Nurfahrudianto, Wahid Ibnu Zaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

