Optimalisasi Potensi Flora Lokal Melalui Pelatihan Ecoprint Sebagai Upaya Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Siswa SDN Tiron 3 Banyakan Kabupaten Kediri

Authors

  • Dinda Wulansari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anis Nur Fadhilah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mukhamad Riki Mahendra Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Fahreza Fheeba Anggar Ditya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kurniawan Wahyu Pratama Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilmawati Fahmi Imron Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27711

Keywords:

Ecoprint, Kepedulian Lingkungan, Kreativitas

Abstract

Pemanfaatan potensi flora lokal sebagai sumber belajar perlu dioptimalkan dalam rangka meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Pelatihan ecoprint merupakan salah satu kegiatan edukatif yang mengintegrasikan seni dan kepedulian lingkungan melalui pemanfaatan bahan alam seperti daun dan bunga dalam pembuatan motif pada kain. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pengetahuan siswa mengenai pelestarian lingkungan, (2) mengembangkan kreativitas dalam berkarya dengan bahan alami, serta (3) menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui produk ramah lingkungan. Program pelatihan dilaksanakan terhadap siswa SDN Tiron 3 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri dengan pendekatan praktik langsung (learning by doing). Tahapan yang dilakukan meliputi sosialisasi ecoprint, eksplorasi flora lokal, praktik teknik pounding, serta pameran hasil karya. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, terwujudnya keterampilan dalam menciptakan produk ecoprint yang unik, serta munculnya minat untuk mengembangkan produk sebagai alternatif usaha kreatif. Dengan demikian, pelatihan ecoprint berbasis pemanfaatan flora lokal tidak hanya berdampak pada peningkatan kompetensi seni, tetapi juga mendukung penguatan karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 0 , PDF downloads: 0

References

Abidin, J., & Hasibuan, E. A. (2022). Pentingnya kesadaran untuk peduli untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Jurnal Nauli, 1(3), 59–65.

Hikmawati, H., Yahya, M., Elpisah, E., & Fahreza, M. (2022). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4117–4124.

Luailiya, N., Misrochah, N., Nurfiani, H., Masyaid, A., Astuti, D. M., Afifah, E., & Komalasari, T. (2024). Pelatihan ecoprint dalam mendukung kreativitas siswa kelas 5 MI Tarbiyatus Shibyan. Jurnal Pengabdian Kolaboratif, 2(2), 8–16.

Mas’ud, M. A., & Slamet, S. (2024). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Self-Esteem pada Anak Usia Sekolah. MUNAQASYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 98–108.

Nurhayati, L., Purba, L. P., Wibowo, D. P., & Imu, F. A. (2023). Pengembangan kreatifitas melalui pelatihan ecoprint untuk mendorong industri kreatif di Bendul Merisi Wonocolo Surabaya. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1193–1201.

Pratama, K. W., Sasmita, G. G., & Sasmita, W. (2025, July). Peran Guru Kelas Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era Generasi Alpha. Dalam Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 8, hlm. 2132–2143).

Pratama, K. W., Wenda, D. D. N., ‘Adziima, M. F., Wiganata, S. A., & Maulana, G. F. (2025). Parenting Daily Activities dan Self-Esteem untuk Mengatasi Demotivasi Siswa serta Fenomena Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 6(4), 711–723.

Rafiditya, N., & Syarifuddin, A. (2020). Self-esteem pada anak usia sekolah. (Sumber teori self-esteem 5 aspek).

Savana, T., Mawarni, P. Y., & Ambarwati, Y. (2023). Pengenalan kearifan lokal melalui pelatihan pembuatan batik ecoprint pada siswa sekolah dasar SDN Pangur 1 Ngawi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5695–5705.

Subiyati, S., Rosyida, A., & Wartiono, T. (2021). Pelatihan eco-print kain kapas/cotton pada siswa SMK tekstil pedan. Abdi Masya, 1(2), 41–46.

Zunaidah, E. F., Hasan, M., & Imron, I. F. (2023). Campus on duty (CoD): Peningkatan literasi budaya dan interaksi sosial siswa pasca pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian, 12(1), 53–61.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-12-22

How to Cite

Optimalisasi Potensi Flora Lokal Melalui Pelatihan Ecoprint Sebagai Upaya Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Siswa SDN Tiron 3 Banyakan Kabupaten Kediri. (2025). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 5(2), 298-307. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27711

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)