Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Alternatif Berbasis Mentimeter Bagi Guru MGMP SMP Kota Kediri

  • Bambang Agus Sulistyono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lina Rihatul Hima Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aprilia Dwi Handayani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Devita Yohanie Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Darsono Darsono Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 40 , pdf downloads: 20
Keywords: Interactive Media 1, Mentimeter 2

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan memerlukan adaptasi terhadap perkembangan teknologi yang terus berubah. Guru-guru SMP yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Kota Kediri memiliki peran sentral dalam mewujudkan pembelajaran yang inovatif. Workshop ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan platform interaktif, khususnya Mentimeter, sebagai media pembelajaran alternatif yang dinamis. Workshop ini memberikan wadah bagi para guru untuk mempelajari dan mempraktikkan penggunaan fitur-fitur interaktif Mentimeter, seperti kuis, jajak pendapat, dan word cloud. Diharapkan bahwa inisiatif ini akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di tingkat SMP, serta membuka pintu bagi pengalaman belajar yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan siswa di Kota Kediri. Kesimpulannya, workshop ini merupakan langkah strategis dalam mendukung para guru MGMP SMP Kota Kediri dalam menghadapi tuntutan zaman, memperkuat kualitas pembelajaran, dan membentuk generasi pelajar yang siap bersaing di era global yang terus berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.

Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan analisis e-lkpd (elektronik-Lembar kerja peserta didik) berbasis multimedia pada materi mengoperasikan software spreadsheet. Univ. Negeri Yogyakarta, 53, 1689-99.

Heti, A., Zaqiah, Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 1–8.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Journal of education, 193(3), 13-19.

Mendikbud. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 (2020).

Pamuk, S., Ergun, M., Cakir, R., Yilmaz, H. B., & Ayas, C. (2015). Exploring relationships among TPACK components and development of the TPACK instrument. Education and Information Technologies, 20(2), 241-263.

Santia, I. (2018). Membangun Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis ML+3Cs. Jogjakarta: Trusmedia Grafika.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256-1268.

Gokbulut & Bayram, 2020. "The Effect of Mentimeter and Kahoot Applicatioan on University Students' e-Learning". World Journal on Educational Technology: Current Issues 12(2) 107.

PlumX Metrics

Published
2024-01-03
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)