Pembuatan Video Pembelajaran Melalui Powerpoint Bagi Pendidik SD Muhammadiyah 3 Wage Sidoarjo

Video Pembelajaran

  • Budi Tri Cahyono Universitas Sebelas Maret
  • Bachtiar Hariyadi
Abstract views: 151 , PDF downloads: 455
Keywords: media pembelajaran, power point interaktif, video

Abstract

  • Perkembangan teknologi dan informasi pada masa pandemic covid-19 mengharuskan pendidik dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi komputer. Siswa diharapkan dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber termasuk dari guru, sehingga guru dituntut untuk dapat membimbing siswa mampu memperoleh informasi dengan baik. Informasi yang diperoleh siswa dalam pembelajar diantaranya adalah pengetahuan. Pengetahuan yang berupa logika dan fisik tidak dapat ditransfer secara utuh dari pikiran guru kepikiran siswa. Penggunaan media pembelajaran power point interaktif untuk membuat media pembelajaran video masih belum di maksimalkan oleh pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Perguruan Muhammadiyah Ranting Wage, Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru untuk membuat video pembelajaran bagi kebutuhan siswa didiknya. Pelatihan ini diikuti oleh 20 guru SDN Muhammadiyah 3 “Ïkrom” Wage Sidoarjo dengan materi pembuatan video pembelajaran menggunakan power point, Ketika selesai pelatihan diadakan evaluasi, dan diberikan pendampingan untuk melihat penerapan dan ketercapaian dari pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, I. (2020). Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 36-39.
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.
Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 34–41.
Kamil, Mustofa. 2007. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta
Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

PlumX Metrics

Published
2021-12-24
Section
Articles