Metode interaktif JARILIPAN untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Tingkat Dasar

Authors

  • septi aini unira
  • Fetty Nuritasari
  • Chairul Fajar Tafrilyanto

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i2.18750

Keywords:

pembelajaran interaktif, metode JARILIPAN

Abstract

PpM ini dilaksanakan di SDN 1 Patemon Pamekasan dengan target siswa Sekolah Dasar. PpM bertujuan memberikan pemahaman terhadap siswa tentang pembelajaran Metode interaktif JARILIPAN untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Tingkat Dasar yang dapat digunakan pada Sekolah Dasar kelas 3 pada materi aljabar (khususnya Perkalian).  Dengan adanya pembelajaran ini siswa mendapatkan informasi dan pengetahuan baru bagaimana metode Metode interaktif JARILIPAN (Jarimatika dan Perkalian Jepang) sebagai media pembelajaran yang variatif dan inovatif, memberikan suasana pembelajaran bermain sehingga tercipta suasana pembelajaran bermakna, menarik dan menyenangkan bagi siswa. Hasil pembelajarannya siswa mengalami peningkatan pemahaman mengenai fungsi media pembelajaran interaktif  dan metode JARILIPAN (Jarimatika dan Perkalian Jepang). Siswa juga mengalami peningkatan pemahaman mengenai metode JARILIPAN (Jarimatika dan Perkalian Jepang) sebagai strategi dan menerapkan metode JARILIPAN (Jarimatika dan Perkalian Jepang) lebih menarik tentang media pembelajaran. Siswa mengalami peningkatan pemahaman mengenai mekanisme strategi media pembelajaran dan siswa telah menerapkan media elektronik sebagai sarana guna meningkatkan  pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, A. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS press.
Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Andayani. 2009. Pembelajaran Inovatif Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Surakarta: Pusat Pengembangan dan Pelatihan Guru Profesional (P3GP).
Arsyad Azhar, 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pitadjeng, 2006, Pembelajaran matematika yang Menyenangkan, Jakarta, Depdiknas.
Surahmi, E (2016). Pembelajaran Matematika SD dengan Media Pohon Setimbang Pada Materi Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Alumni S3Pensiskan Matematika UNESA, Surabaya, Unesa Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-12-26

How to Cite

aini, septi, Nuritasari, F., & Tafrilyanto, C. F. . (2022). Metode interaktif JARILIPAN untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Tingkat Dasar . Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(2), 70–80. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i2.18750

Issue

Section

Articles