Efektifitas Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau

  • ivoni susanti
  • Nopa Nopianti
Abstract views: 110 , PDF downloads: 169
Keywords: Efektifitas, Hasil Belajar, Pair Checks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Metode penelitian kuatitatif dan menggunakan desain pretest-postest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis menunjukan  ada pengaruh model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 40,20 dan 82,20. Sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 43,52 dan 61,81. Hasil tersebut menunjukan ada peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 42,00 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 18,29. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Checks efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau.

References

Supriyatna. 2006. Pembelajaran Taksonomi Blom. Jakarta: Prestasi Pustaka

Suprijono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Ridwan. 2008. Metode Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Huda.2013. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Bumi Aksara

PlumX Metrics

Published
2019-10-23
How to Cite
ivoni susanti, & Nopianti, N. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 6(2), 42-44. https://doi.org/10.29407/jbp.v6i2.14791