Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar melalui Metode Team Assisted Individualization pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan
Abstract
Paradigma Pendidikan Nasional berkembang seiring dengan tunttan peningkatan sumberdaya manusia dengan karakteristik pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan kegiatan praktikum saja membuat mahasiswa kurang aktif dan tidak serius dalam praktikum sehingga diperlukan alternatif metode pembelajaran lainnya dengan tetap mengikutkan kegiatan pengamatan sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses mahasiswa dan hasil belajar yang sesuai dengan tuntutan mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Alternatif metode pembelajaran yang ditawarkan adalah Team Assisted Individualization (TAI) dengan memiliki karakteristik kerja kelompok dan tanggungjawab secara individu dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian tindakan kelas terdiri atas dua siklus dengan empat pertemuan yang terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah sebanyak 39 mahasiswa. Materi dalam pembelajaran ini adalah materi akar dan bunga. Hasil dari penerapan metode TAI yakni adanya peningkatan keterampilan proses sains sebanyak 4,69% dari nilai siklus satu sebayak 47,65% dan siklus 2 sebanyak 52,34%. Peningkatan hasil belajar sebesar 0,68% dengan hasil siklus adalah 49,65% dan siklus 2 adalah 50,34%.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License