Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar melalui Metode Team Assisted Individualization pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan

  • nuril hidayati
Abstract views: 83 , PDF downloads: 105

Abstract

Paradigma Pendidikan Nasional berkembang seiring dengan tunttan peningkatan sumberdaya manusia dengan karakteristik pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan kegiatan praktikum saja membuat mahasiswa kurang aktif dan tidak serius dalam praktikum sehingga diperlukan alternatif metode pembelajaran lainnya dengan tetap mengikutkan kegiatan pengamatan sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses mahasiswa dan hasil belajar yang sesuai dengan tuntutan mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Alternatif metode pembelajaran yang ditawarkan adalah Team Assisted Individualization (TAI) dengan memiliki karakteristik kerja kelompok dan tanggungjawab secara individu dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian tindakan kelas terdiri atas dua siklus dengan empat pertemuan yang terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah sebanyak 39 mahasiswa. Materi dalam pembelajaran ini adalah materi akar dan bunga. Hasil dari penerapan metode TAI yakni adanya peningkatan keterampilan proses sains sebanyak 4,69% dari nilai siklus satu sebayak 47,65% dan siklus 2 sebanyak 52,34%. Peningkatan hasil belajar sebesar 0,68% dengan hasil siklus adalah 49,65% dan siklus 2 adalah 50,34%.

PlumX Metrics

Published
2015-06-27
How to Cite
hidayati, nuril. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar melalui Metode Team Assisted Individualization pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 2(1). https://doi.org/10.29407/jbp.v2i1.333