ANALISIS KORELASI MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2016 IKIP BUDI UTOMO MALANG)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar terhadap motivasi belajar intrinsik mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2016 IKIP Budi Utomo Malang. Data dikumpulkan dari 44 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2016 IKIP Budi Utomo Malang semester 3, dengan menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling. Variabel yang diukur adalah minat belajar dan motivasi belajar intrinsik. Variabel minat belajar dan motivasi belajar intrinsik diukur dengan menggunakan angket yang disebarkan pada ke 44 orang mahasiswa yang terpilih sebagai responden penelitian. Data dianalisis menggunakan korelasi sederhana (bivariate pearson). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai r (koefisien korelasi) adalah sebesar 0,633 dan koefisien determinasi sebesar 0,401. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa ada hubungan antara minat belajar dengan motivasi belajar intrinsik dengan angka korelasi 0,633 yang berkategori kuat. Jadi, minat belajar dengan motivasi belajar intrinsik memiliki hubungan, semakin tinggi minat belajar maka semakin tinggi motivasi belajar intrinsik mahasiswa. Faktor minat yang mempengaruhi motivasi belajar intrinsik mahasiswa adalah sebesar 40,1%.
Kata kunci—minat belajar, motivasi belajar intrinsik
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License