ANALISIS KORELASI MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2016 IKIP BUDI UTOMO MALANG)

  • Mistianah - anah IKIP Budi Utomo Malang
Abstract views: 344 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 236

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar terhadap motivasi belajar intrinsik mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2016 IKIP Budi Utomo Malang. Data dikumpulkan dari 44 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2016 IKIP Budi Utomo Malang semester 3, dengan menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling. Variabel yang diukur adalah minat belajar dan motivasi belajar intrinsik. Variabel minat belajar dan motivasi belajar intrinsik diukur dengan menggunakan angket yang disebarkan pada ke 44 orang mahasiswa yang terpilih sebagai responden penelitian. Data dianalisis menggunakan korelasi sederhana (bivariate pearson). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai r (koefisien korelasi) adalah sebesar 0,633 dan koefisien determinasi sebesar 0,401. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa ada hubungan antara minat belajar dengan motivasi belajar intrinsik dengan angka korelasi 0,633 yang berkategori kuat. Jadi, minat belajar dengan motivasi belajar intrinsik memiliki hubungan, semakin tinggi minat belajar maka semakin tinggi motivasi belajar intrinsik mahasiswa.  Faktor minat yang mempengaruhi motivasi belajar intrinsik mahasiswa adalah sebesar 40,1%.

 

Kata kunci—minat belajar, motivasi belajar intrinsik

 

PlumX Metrics

Published
2018-04-17
How to Cite
anah, M.-. (2018). ANALISIS KORELASI MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2016 IKIP BUDI UTOMO MALANG). Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 5(1). https://doi.org/10.29407/jbp.v5i1.12038
Section
Artikel