PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI POKOK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 8 KEDIRI

Authors

  • Lina Dwi Setyoningrum
  • Poppy Rahmatika Primandiri UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v1i1.43

Abstract

Pendekatan yang digunakan pada Kurikulum 2013 inkuiri. Inkuiri menuntut siswa untuk menemukan konsep sendiri dan siswa aktif pada pembelajaran. Belum ada perangkat pembelajaran yang mengacu pada tuntutan kurikulum 2013 di SMPN 8 Kediri. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013 untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 8 Kediri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran IPA pada materi energi dalam sistem kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini mengembangkan silabus, RPP dan LKS IPA pada tema energi dalam sistem kehidupan. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan pada tahap develop dinilai oleh ahli isi dan ahli bahasa dengan indikator yang sudah ditentukan. Hasil validasi ahli terhadap silabus adalah 7,6 untuk isi dan 4,5 untuk bahasa dengan kategori valid dan dapat digunakan. Hasil validasi ahli terhadap RPP adalah 9,8 untuk isi dan 4,75 untuk bahasa dengan kategori valid dan dapat digunakan. Hasil validasi ahli terhadap bahan ajar diperoleh bahwa bahan ajar dapat digunakan dengan sedikit revisi. Catatan dalam validasi bahan ajar adalah tata tulis harus mengikuti EYD, tinjauan gambar harus disesuaikan dengan gambar diatasnya atau deskripsi penjelasannya, serta penyusunan langkah-langkah kegiatan kurang runtut. Ketuntasan klasikal siswa setelah menggunakan LKS yang dikembangkan peneliti mencapai 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk digunakan. Peneliti menyarankan pada penelitian ini agar hasil penelitian ini dapat diterapkan dalam pembelajaran serta setelah dilakukan revisi dalam tahap pengembangan sebaiknya penelitian ini dapat diteruskan untuk melihat efektifitas perangkat pembelajaran dengan membandingkan dengan perangkat pembelajaran yang sudah biasa digunakan sebelumnya

PlumX Metrics

Published

2014-10-01

How to Cite

Setyoningrum, L. D., & Primandiri, P. R. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI POKOK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 8 KEDIRI. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 1(1). https://doi.org/10.29407/jbp.v1i1.43