PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI POKOK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 8 KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbp.v1i1.43Abstract
Pendekatan yang digunakan pada Kurikulum 2013 inkuiri. Inkuiri menuntut siswa untuk menemukan konsep sendiri dan siswa aktif pada pembelajaran. Belum ada perangkat pembelajaran yang mengacu pada tuntutan kurikulum 2013 di SMPN 8 Kediri. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013 untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 8 Kediri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran IPA pada materi energi dalam sistem kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini mengembangkan silabus, RPP dan LKS IPA pada tema energi dalam sistem kehidupan. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan pada tahap develop dinilai oleh ahli isi dan ahli bahasa dengan indikator yang sudah ditentukan. Hasil validasi ahli terhadap silabus adalah 7,6 untuk isi dan 4,5 untuk bahasa dengan kategori valid dan dapat digunakan. Hasil validasi ahli terhadap RPP adalah 9,8 untuk isi dan 4,75 untuk bahasa dengan kategori valid dan dapat digunakan. Hasil validasi ahli terhadap bahan ajar diperoleh bahwa bahan ajar dapat digunakan dengan sedikit revisi. Catatan dalam validasi bahan ajar adalah tata tulis harus mengikuti EYD, tinjauan gambar harus disesuaikan dengan gambar diatasnya atau deskripsi penjelasannya, serta penyusunan langkah-langkah kegiatan kurang runtut. Ketuntasan klasikal siswa setelah menggunakan LKS yang dikembangkan peneliti mencapai 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk digunakan. Peneliti menyarankan pada penelitian ini agar hasil penelitian ini dapat diterapkan dalam pembelajaran serta setelah dilakukan revisi dalam tahap pengembangan sebaiknya penelitian ini dapat diteruskan untuk melihat efektifitas perangkat pembelajaran dengan membandingkan dengan perangkat pembelajaran yang sudah biasa digunakan sebelumnya
Published
2014-10-01
How to Cite
Setyoningrum, L. D., & Primandiri, P. R. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI POKOK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 8 KEDIRI. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 1(1). https://doi.org/10.29407/jbp.v1i1.43
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License