Pengaruh Model Discovery Learning Menggunakan Kamus Bergambar Sistem Reproduksi Manusia Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbp.v7i2.15180Keywords:
Model Guided Learning;Kamis Bergambar;Hasil Belajar KognitifAbstract
Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat merupakan upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada materi sistem reproduksi banyak peserta didik merasa kesulitan memahami materi sehingga hasil belajar kognitif peserta didik belum maksimal. Banyaknya istilah-istilah latin yang sulit untuk diingat dan banyaknya organ -organ penyusun sistem reproduksi menjadi faktor peserta didik sulit memahami materi sistem reproduksi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model discovery learning menggunakan kamus bergambar sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Pra eksperiment dengan metode one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretes dan postes). Instrument yang digunakan berupa soal (pretest dan postes). Analisis data yang digunakan yaitu hasil belajar kognitif peserta didik serta uji t berpasangan (paired sample t test) dengan bantuan program SPSS 16. Hipotesis yang digunakan yaitu H0 tidak ada pengaruh dan H1 terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik meningkat dengan rata-rata pretest 64,72 menjadi 79,3 untuk postest. Hasil uji t menunjukkan bahwa Sign≤ 0,05 yaitu 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artimya ada pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan hasil belajar peserta didik.
References
Widyastuti, E. 2015. Penerapan Model Discovery Learnig pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. Prosiding seminar nasional. eprints.uny.ac.id. Diakses 20 Januari 2020.
Takdir, M. 2012. Pembelajaran Discovery Learning dan Mental Vacation Skill. Jogjakarta. DIVA Press.
Arsyad,A. 2017. Media pembelajaran. Jakarta. Rajagrafindo Persada.
Yuliana, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.
Seda, E., Ain, N., & Sundaygara, C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62.
Ismawarti, D. 2014. Pengembangan kamus bergambar peralatan membuat dan menyajikan minuman non alkohol dan beralkohol untuk siswa jasa boga kelas XI SMKN 4 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta. UNY.
Mustiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta. PT Prestasi Pustakarya
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Windasari dan Hasanudin. 2016. Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di MAS Babun Najah Banda Aceh. Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala. Jurnal Biotik. 4(1): 66-67.
Putri, B dan Shodiq, M. 2018. Media Kamus Bergambar Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakota Siswa Tunarungu. Universitas Negeri Malang. Jurnal Ortopedagogia. 4(2): 109-114.
Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Salmi. 2019. Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA 13 PALEMBANG. Jurnal Profit. 6(1): 1-16.
Fitriyani, Rahmi, S., dan Didi, J, S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Palembang Pada Materi Dunia Tumbuhan. Prosising Seminar Nasional Pendidikan IPA. conference.unsri.ac.id. Diakses tanggal 8 Juni 2020.
Linaluthfa, T. 2019. Pengembangan Media Pembelajarn Kamus Bergambar Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Peserta Takroruddurus di Pondok Pesantren Al-Fathimiyyah. Jombang. UNWAHA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License