Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mengukur Berpikir Kritis Siswa melalui Soal HOTS di SMA Srijaya Negara Palembang

The Effectiveness of the Problem Based Learning Model in Measuring Students' Critical Thinking Through HOTS Questions at Srijaya State High School, Palembang

Authors

  • Jennie Fredella Elysia Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Sani Safitri Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbsp.v8i1.21505

Keywords:

problem based learning, berpikir kritis, peserta didik, sma

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat tentang bagaimana efektivitas dari model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam memunculkan berpikir kritis pserta didik di kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Lalu dalam penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif yang fokus pada pengamatan mendalam serta penelitian yang dilakukan secara berurutan. Adapun Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuisioner berupa soal HOTS pilihan ganda berbasis masalah secara langsung kesekolah pada peserta didik SMA Srijaya Negara Palembang serta mengumpulkan artikel, jurnal, dan buku mengenai hal yang memiliki relevansi atau berhubungan dengan artikel ini. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui yakni model pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) belum efektif dalam memunculkan sikap berpikir kritis peserta didik di SMA Srijaya Negara Palembang.

References

AINI D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peseta Didik Smp [Universitas Islam Negeri Raden Intan].http://repository.radenintan.ac.id/4923/1/SKRIPSI%20DORA.pdf

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3), 375–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Azizah, L. I. R., Sugiyanti, S., & Happy, N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(4), 30–36. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3853

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Universitas Negeri Yogyakarta. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-86.pdf

M.Taufiq Amir. (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Kencana Prenada Media Grup.

Muhtarom, H., & Erlangga, G. (2021). Peran Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN 18 Jakarta. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 114–128. https://doi.org/10.36706/jc.v10i2.13525

Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Sma Negeri Unggul Harapan Persada. Dalam Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Vol. 03, Nomor 02). http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016a). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. SAINTIFIK, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105

Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016b). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. SAINTIFIK, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362

Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online),6(1),53. https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i1.10020

PROF. DR. S. NASUTION, M. (2011). SOSIOLOGI PENDIDIKAN. BUMI AKSARA.

Puspitoningrum, E. (2021). Increasing Writing Skills For Pbsi Students’ Scientific Writings With The Jigsaw Model In 2020/2021. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 5(1), 31–40. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i1.17641

Ridwan Abdullah Sani. (2014). INOVASI PEMBELAJARAN (hayati sri yayat, Ed.). Bumi Aksara.

Romandona, D. D., & Adila, D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Schrödinger: Journal of Physics Education, 1(2), 59–66. https://doi.org/10.37251/sjpe.v1i2.69

Rusman. (2018). Model-model pembelajaran : mengembangkan profesionalisme guru / Dr. Rusman, M.Pd. Rajawali Pers.

Rustamana, A., & Maryuni, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Historical Thinking Berbasis Penumbuhan Budi Pekerti Pada Pelajaran Sejarah Di Sman I Cinangka. Jurnal Candrasangkala, 6(1).

Santoso, H. (2022). Pengembangan Berpikir Kritis Dan Kreatif Pustakawan Dalam Penulisan Karya Ilmiah. http://repository.um.ac.id/id/eprint/1391

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,6(1). https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Sulikah. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tema Slogan, Iklan, Dan Poster Melalui Model Pembelajaran Arias Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 42 Surabaya. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18334

Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Sma Islam Kepanjen. Rainstek Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(3), 176–185. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6053

Susanta F, S. (2016). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Pai Siswa Kelas Iii Sd Islam Al Azhar 38 Bantul [Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga].https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21674/2/11410103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Tasrif. (2022). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran social studies di sekolah menengah atas. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 10(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29347

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK),3(1),1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874

Wahyono, E. (2018). Sumpah Pemuda dan Tumbuhnya Kesadaran Berbangsa. Abad Jurnal Sejarah, 02, 116–130. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10017

Yani, A., Nurlina, & Rahmawati. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 3, 264–269.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-03-25

How to Cite

Elysia, J. F., & Safitri, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mengukur Berpikir Kritis Siswa melalui Soal HOTS di SMA Srijaya Negara Palembang: The Effectiveness of the Problem Based Learning Model in Measuring Students’ Critical Thinking Through HOTS Questions at Srijaya State High School, Palembang. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 8(1), 60–65. https://doi.org/10.29407/jbsp.v8i1.21505

Issue

Section

Article