Wujud Budaya Indonesia Sebagai Pemantik Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Asing
The Manifestation of Indonesian Culture as a Motivational Trigger for Learning Indonesian as a Foreign Language
Abstract
Budaya Indonesia yang beragam dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran BIPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengaji budaya Indonesia yang digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran BIPA dari video Youtube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu tiga video YouTube berjudul Materi Pengenalan Budaya Wayang dalam Pembelajaran BIPA, Budaya dalam Pengajaran BIPA, dan Pemahaman Lintas Budaya dalam Pembelajaran BIPA. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa budaya Indonesia yang digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran BIPA beragam. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pengajar BIPA untuk memanfaatkan segala aspek yang berhubungan dengan budaya seperti wayang, museum, pemahaman lintas budaya, dan lainnya melalui video YouTube untuk bahan ajar BIPA.
References
Asteria, Prima Vidya. (2022). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Madya Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Pena Indonesia: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 8(1), 37—48.
Kiswantoro, A., & Damiasih, D. (2018). Persepsi Kualitas Layanan Museum Sebagai Sarana Edukasi Masyarakat (Studi Kasus: Museum Gunung Api Merapi Yogyakarta). Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 12(02), 57–70. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v12i02.88
Koesoemadinata, M. I. P. (2013). Wayang Kulit Cirebon: Warisan Diplomasi Seni Budaya Nusantara. ITB Journal of Visual Art and Design, 4(2), 142–154. https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2013.4.2.6
Lbs, M. A. H. (2022). Analisis Wacana Kritis Berita Pemindahan Ibu Kota Negara Pada YouTube TvOne. Integralistik, 33(2), 60–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/index
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id135
Nugraha, A. D., Wardhani, N. E., & Rakhmawati, A. (2019). Karakter Tokoh Utama Novel Kinanti Karya Margareth Widhy Pratiwi. Indonesian Language Education and Literature, 4(2), 171. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.2602
Nur, M. A. R. (2019). Bipa Sebagai Strategi Kebudayaan Dan Implementasinya Dalam Metode Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Purbasari, T. (2012). Kajian Aspek Teknis, Estetis dan Simbolis Warna Wayang Kulit Karya Perajin Wayang Desa Tunahan Kabupaten Jepara. Arty: Journal of Visual Arts, 1(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty
Purwanto, S. (2018). Pendidikan Nilai dalam Pagelaran Wayang Kulit. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–30. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.1-30
Suyitno, I. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global, 0812178003, 55–70. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4856
Wandira, J. C., Hudiyono, Y., & Rokhmansyah, A. (2019). Kepribadian Tokoh Aminah Dalam Novel Derita Aminah Karya Nurul Fithrati: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Ilmu Budaya, 3(4), 413–419.
Widianti, A. W. (2017). Kajian Ekologi Sastra dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 di Tubuh Tarra dalam Rahim Pohon. Jurnal Diksatrasia, 1(2), 1–9.
Zaenuri, M., & Yuniawan, T. (2018). Pengembangan Laman Media Audiovisual Bermuatan Materi Kebudayaan Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Bipa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 61–65. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpbsi.v7i1.20637
Copyright (c) 2023 Prima Vidya Asteria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0