PENERAPAN MAKSIM KUANTITAS DAN KUALITAS DALAM PERCAKAPAN PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR PON KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2020/2021

  • Regyta Retna Dyningsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sardjono Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 40 , pdf downloads: 30
Keywords: maksim kuantitas, maksim kualitas, percakapan penjual dan pembeli

Abstract

Pasar merupakan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli untuk melakukan interaksi dan tawar menawar. Pasar Pon yang terletak di Kabupaten Trenggalek merupakan pasar tradisional yang menyediakan berbagai macam kebutuhan rumah tangga. Pasar tersebut cukup dekat dengan alamat peneliti dan termasuk pasar yang ramai dengan pengunjung sehingga banyak interaksi yang terjadi dalam pasar Pon tersebut. Hal tersebut tertarik diteliti tentang maksim kuantitas dan kualitas karena dalam pasar Pon tersebut masih banyak yang melakukan pelanggaran maksim kuantitas dan kualitas sehingga peneliti menduga bahwa masih ada penjual dan pembeli yang menerapkan maksim kuantitas dan kualitas tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiolinguistik dengan teori pragmatik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat penjual dan pembeli yang menerapkan maksim kuantitas dan kualitas. Penjual menerapkan maksim kuantitas berjumlah 3 tuturan, menerapkan maksim kualitas berjumlah 2 tuturan. Sedangkan pembeli menerapkan maksim kuantitas berjumlah 1 tuturan.

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2014. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka cipta.

Dardjowijojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Khoyin, Muhammad. 2013. Filsafat
Bahasa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Maidar, dkk. 2001. Pragmatik: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2011. Metode Penelitian Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Meotode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Walgito, B. (2013). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Wijana, I. D. (2021). Pengantar Sosiolinguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Wiratno, T., & Sentosa, R. (2011). Pengantar Linguistik Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2021-10-25
How to Cite
Retna Dyningsih, R., & Sardjono. (2021). PENERAPAN MAKSIM KUANTITAS DAN KUALITAS DALAM PERCAKAPAN PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR PON KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2020/2021. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(2), 75-80. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i2.17558