Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuatan Karya Seni Rupa 3 Dimensi
The Application of Drill Method in Enhancing the Ability to Create Three-Dimensional Visual Arts
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pengaruh metode Drill terhadap Peningkatan Kemampuan Pembuatan Karya Seni Rupa 3 Dimensi. Hipotesis Tindakan dalam Penelitian ini: “Diduga Metode Pembelajaran Latihan (Drill) dapat Meningkatkan kemampuan Pembuatan Karya Seni Rupa 3 Dimensi terhadap siswa Kelas X MIPA-5 SMA Negeri 1 Rejoso Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020”.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA-5 SMA Negeri 1 Rejoso Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode pembelajaran Drill pada materi “Pembuatan Karya Seni Rupa 3 Dimensi” memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dapat diketahui ketuntasan hasil belajar dari peningkatan kemampuan membuat karya seni rupa 3 dimensi, yaitu dari pra-siklus dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 28,21% (11 siswa), siklus I dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 46,15% (18 siswa), dan Siklus II dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 76,92% (30 siswa). Dengan demikian, dari hasil pengukuran skor ketuntasan belajar siswa kelas X MIPA-5 SMA Negeri 1 Rejoso Nganjuk semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dilakukan mulai dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan penggunaan metode Drill pada Pembuatan Karya Seni Rupa 3 Dimensi, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.
References
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Gagne, Robert M. 1985. The Condition of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart & Winston
Itot Bian Raharjo, Intan Prastihastari Wijaya, Anik Lestariningrum. 2018. Optimalisasi Penggunaan Metode Drill pada Pembelajaran Gitar Pemula (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Ansembel Musik IGTKI-PGRI Kabupaten Kediri). Jurnal Pendidikan Anak. Volume 7, Edisi 2, Desember 2018. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24457
Krisnan. 2018. Mengenal Lebih Dalam Metode Drill: Kegiatan Latihan Berulang. https://meenta.net/metode-drill/. Diakses pada 12 Januari 2019
M. Riadi,. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html
Mahmud dan Priyatna, Tedi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Tsagrafika.
Roestiyah, N. K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Subhan N. Sobah Ch., Amay Suherman, Ono Wiharna. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 4, No. 2, Desember 2017. pp. 247–255, DOI: https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9640
Utary, Mazlina Tri. 2018. Pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas iv MIN Sei Agul Kec. Medan denai. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/3973/
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0