PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN KARYA SENI RUPA 3 DIMENSI

  • Musriwin winhanifaamin@gmail.com
Abstract views: 34 , pdf downloads: 34
Keywords: drill, kemampuan, pembuatan karya seni rupa 3 dimensi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pengaruh metode Drill terhadap Peningkatan Kemampuan Pembuatan Karya Seni Rupa 3  Dimensi.  Hipotesis  Tindakan  dalam Penelitian ini: “Diduga Metode Pembelajaran Latihan (Drill) dapat Meningkatkan kemampuan Pembuatan Karya Seni Rupa 3 Dimensi terhadap siswa Kelas X MIPA-5 SMA Negeri 1 Rejoso Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020”.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA-5 SMA Negeri 1 Rejoso Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa  metode  pembelajaran  Drill pada materi “Pembuatan Karya Seni Rupa 3 Dimensi” memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dapat diketahui ketuntasan hasil belajar dari peningkatan kemampuan membuat karya seni rupa 3 dimensi, yaitu dari pra-siklus dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 28,21% (11 siswa), siklus I dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 46,15% (18 siswa), dan Siklus II dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 76,92% (30 siswa). Dengan demikian, dari hasil pengukuran skor ketuntasan belajar siswa kelas X MIPA-5 SMA Negeri 1 Rejoso Nganjuk semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dilakukan mulai dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan penggunaan metode Drill pada Pembuatan Karya Seni Rupa 3 Dimensi, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Gagne, Robert M. 1985. The Condition of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart & Winston

Itot Bian Raharjo, Intan Prastihastari Wijaya, Anik Lestariningrum. 2018. Optimalisasi Penggunaan Metode Drill pada Pembelajaran Gitar Pemula (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Ansembel Musik IGTKI-PGRI Kabupaten Kediri). Jurnal Pendidikan Anak. Volume 7, Edisi 2, Desember 2018.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24457

Krisnan. 2018. Mengenal Lebih Dalam Metode Drill: Kegiatan Latihan Berulang. https://meenta.net/metode-drill/. Diakses pada 12 Januari 2019

M. Riadi,. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html
Mahmud dan Priyatna, Tedi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Tsagrafika.

Roestiyah, N. K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Subhan N. Sobah Ch., Amay Suherman, Ono Wiharna. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 4, No. 2, Desember 2017. pp. 247–255,
DOI: https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9640

Utary, Mazlina Tri. 2018. Pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas iv MIN Sei Agul Kec. Medan denai. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/3973/
Published
2020-10-12
How to Cite
Musriwin. (2020). PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN KARYA SENI RUPA 3 DIMENSI. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(2), 36-43. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i2.15733