Kesalahan Ejaan dan Ketidakbakuan Kata pada Karangan Mahasiswa Progdi PJKR UNSIKA
Spelling Errors and Inaccuracies in Word Usage in Essays by Physical Education Health Recreation Students at UNSIKA
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i1.12741Keywords:
ejaan, ketidakbakuan kataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraijelaskan entitas kesalahan ejaan pada karangan bebas mahasiswa Progdi PJKR UNSIKA dalam Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia dan menguraijelaskan entitas ketidakbakuan kata yang terdapat pada karangan bebas mahasiswa Progdi PJKR UNSIKA dalam Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang di dalamnya ditengarai terdapat kesalahan ejaan dan penggunaan kata tidak baku. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa dokumen. Sumber data tersebut yaitu berupa hasil karangan mahasiswa Progdi PJKR UNSIKA. Adapaun analisis data menggunakan metode deskriptif analitik untuk menentukan keberterimaan bentuk-bentuk bahasa (kata, kalimat, dan paragraf) dan ejaan yang digunakan mahasiswa Progdi PJKR UNSIKA Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan analisis data dikemukakan simpulan berikut ini. (1) Kesalahan pemakaian bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Progdi PJKR UNSIKA mencakupi bidang ejaan (penulisan huruf kapital, penulisan kata turunan, penulisan gabungan kata, penulisan kata depan, penulisan partikel, penulisan akronim atau singkatan, dan penggunaan konjungsi). (2) Kesalahan yang dibuat mahasiswa sebagian besar terletak pada kesalahan penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda titik, penggunaan tanda koma, penulisan kata depan, penulisan gabungan kata, dan penggunaan kata tidak baku. (3) Sebagian besar kesalahan tergolong ke dalam kesalahan intrabahasa, terutama disebabkan oleh ketidaktahuan mahasiswa akan pembatasan kaidah dan penerapan kaidah yang tidak sempurna.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang.
Rohmadi, dkk. 2010. Morfologi: Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.
Semi, Atar. 1990. Pengantar Metode Penelitian Lingusitik. Surakarta: UNS Press.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Yamilah, M. dan Slamet Samsoerizal. 1995. Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta: EGC.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0