Kesalahan Ejaan dan Ketidakbakuan Kata pada Karangan Mahasiswa Progdi PJKR UNSIKA

Spelling Errors and Inaccuracies in Word Usage in Essays by Physical Education Health Recreation Students at UNSIKA

  • Setiawan Edi Wibowo Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstract views: 401 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 16837
Keywords: ejaan, ketidakbakuan kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraijelaskan entitas kesalahan ejaan pada karangan bebas mahasiswa Progdi PJKR UNSIKA dalam Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia dan menguraijelaskan entitas ketidakbakuan kata yang terdapat pada karangan bebas mahasiswa Progdi PJKR UNSIKA dalam Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang di dalamnya ditengarai terdapat kesalahan ejaan dan penggunaan kata tidak baku. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa dokumen. Sumber data tersebut yaitu berupa hasil karangan mahasiswa Progdi PJKR  UNSIKA. Adapaun analisis data menggunakan metode deskriptif analitik untuk menentukan keberterimaan bentuk-bentuk bahasa (kata, kalimat, dan paragraf) dan ejaan yang digunakan mahasiswa Progdi PJKR  UNSIKA  Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan analisis data dikemukakan simpulan berikut ini. (1) Kesalahan pemakaian bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Progdi PJKR  UNSIKA  mencakupi bidang ejaan (penulisan huruf kapital, penulisan kata turunan,  penulisan gabungan kata, penulisan kata depan, penulisan partikel, penulisan akronim atau singkatan, dan penggunaan konjungsi). (2) Kesalahan yang dibuat mahasiswa sebagian besar terletak pada kesalahan penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda titik, penggunaan tanda koma, penulisan kata depan, penulisan gabungan kata, dan penggunaan kata tidak baku. (3) Sebagian besar kesalahan tergolong ke dalam kesalahan intrabahasa, terutama disebabkan oleh ketidaktahuan mahasiswa akan pembatasan kaidah dan penerapan kaidah yang tidak sempurna.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang.

Rohmadi, dkk. 2010. Morfologi: Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Semi, Atar. 1990. Pengantar Metode Penelitian Lingusitik. Surakarta: UNS Press.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Yamilah, M. dan Slamet Samsoerizal. 1995. Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta: EGC.

PlumX Metrics

Published
2018-04-22
How to Cite
Wibowo, S. E. (2018). Kesalahan Ejaan dan Ketidakbakuan Kata pada Karangan Mahasiswa Progdi PJKR UNSIKA: Spelling Errors and Inaccuracies in Word Usage in Essays by Physical Education Health Recreation Students at UNSIKA. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 2(1), 20-28. https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i1.12741
Section
Artikel