PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN INISIASI TEKNOLOGI BAGI PENGAJAR GENERASI Z

  • ariva luciandika Universitas Negeri Malang
  • kusubakti andajani Universitas Negeri Malang
Abstract views: 144 , pdf downloads: 933
Keywords: generasi z, inisiasi teknologi, metode pembelajaran

Abstract

Salah satu upaya menciptakan kualitas pembelajaran yang baik adalah merancang metode sesuai kondisi kognitif, sosial, dan emosional siswa. Siswa yang ada saat ini dapat dikategorikan sebagai siswa generasi Z. Tujuan penelitian ini yaitu merancang bahan ajar metode pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diinisiasi teknologi untuk pengajar siswa generasi Z. Metode penelitian ini adalah pengembangan. Data diperoleh dari hasil uji ahli dengan ahli metode pembelajaran dan ahli pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Berdasarkan hasil uji ahli, bahan ajar dapat dikategorikan layak diimplementasikan, tetapi dengan beberapa revisi di beberapa bagian.

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Criswell, Eleanor L. 1989. The Design of Computer Based Instruction. New Jersey: Macmilan Publishing Comnany.
Efendi, Neng Marlina. 2018. “Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital pada Start-Up sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif)”, Habitus, Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi. Volume 2, Nomor 2, hlm. 173-182. (Online)
(https://jurnal.uns.ac.id/habitus/article/view/28788/19628), diakses 1 Juni 2020.
Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Panen, Paulina, Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Qurniawati, Rina Sari & Yulfan Arif Nurohman. 2018. “eWOM pada Generasi Z di Sosial Media”, Daya Saing, Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Volume 20, Nomor 2, hlm. 70-80. (Online) (http://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/6790/4402), diakses 28 Maret 2020.
Rawal, Sangita dan Pandey, US. 2013. “e-Learning: Learning for Smart Generation Z”, International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 3, Issue 5, May 2013. ISSN 2250-3153. (online) (www.ijsrp.or.bvg-research-paper-0513-ijsrp-p1794.pdf, diakses tanggal 12 Maret 2020).
Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Romansyah, Khalimi. 2016. “Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia”, Jurnal Logika. Volume XVII, Nomor 2, hlm. 59-66. (Online) (www.jurnal.unswagati.ac.id), diakses 4 Juli 2020.

PlumX Metrics

Published
2020-04-25
How to Cite
luciandika, ariva, & andajani, kusubakti. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN INISIASI TEKNOLOGI BAGI PENGAJAR GENERASI Z. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(1), 12-21. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i1.15235
Section
Artikel