Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Inisiasi Teknologi Bagi Pengajar Generasi Z
Development of Teaching Materials for Indonesian Language and Literature with Technology Initiation for Generation Z Educators
Abstract
Salah satu upaya menciptakan kualitas pembelajaran yang baik adalah merancang metode sesuai kondisi kognitif, sosial, dan emosional siswa. Siswa yang ada saat ini dapat dikategorikan sebagai siswa generasi Z. Tujuan penelitian ini yaitu merancang bahan ajar metode pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diinisiasi teknologi untuk pengajar siswa generasi Z. Metode penelitian ini adalah pengembangan. Data diperoleh dari hasil uji ahli dengan ahli metode pembelajaran dan ahli pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Berdasarkan hasil uji ahli, bahan ajar dapat dikategorikan layak diimplementasikan, tetapi dengan beberapa revisi di beberapa bagian.
References
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Criswell, Eleanor L. 1989. The Design of Computer Based Instruction. New Jersey: Macmilan Publishing Company.
Efendi, Neng Marlina. 2018. “Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital pada Start-Up sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif)”, Habitus, Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi. Volume 2, Nomor 2, hlm. 173-182. (Online)
(https://jurnal.uns.ac.id/habitus/article/view/28788/19628), diakses 1 Juni 2020.
Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Panen, Paulina, Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Qurniawati, Rina Sari & Yulfan Arif Nurohman. 2018. “eWOM pada Generasi Z di Sosial Media”, Daya Saing, Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Volume 20, Nomor 2, hlm. 70-80. (Online) (http://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/6790/4402), diakses 28 Maret 2020.
Rawal, Sangita dan Pandey, US. 2013. “e-Learning: Learning for Smart Generation Z”, International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 3, Issue 5, May 2013. ISSN 2250-3153. (online) (www.ijsrp.or.bvg-research-paper-0513-ijsrp-p1794.pdf, diakses tanggal 12 Maret 2020).
Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Romansyah, Khalimi. 2016. “Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia”, Jurnal Logika. Volume XVII, Nomor 2, hlm. 59-66. (Online) (www.jurnal.unswagati.ac.id), diakses 4 Juli 2020.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0