Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Analysis of Language Errors in the Syntactic Field of Indonesian Language Textbooks for Grade VIII Curriculum 2013 Revised Edition 2017
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v3i1.12959Keywords:
buku teks bahasa indonesia, kesalahan berbahasa, statistikAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan kesalahan berbahasa bidang sintaksis buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Metode penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII kurikulum 2013 edisi revisi 2017 bidang sintaksis meliputi: penggunaan kata mubazir, kalimat tidak cermat, dan kalimat tidak koheren. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia harus menghadirkan sumber belajar yang baik, dari konten isi maupun bahasanya. Berbagai kesalahan yang ditemukan dalam buku teks Bahasa Indonesia menunjukkan bahawa selama ini pembelajaran bahasa belum efektif untuk menigkatkan kemampuan berbahasa siswa. Untuk menghindari terjadinya kesalahan sebelum buku teks diterbitkan dan di distribusikan ke sekolah maka harus melalui kajian yang mendalam mengenai isi dan bahasanya.
References
Ariningsih, Nur Endah dan Sumarwati, dan Saddhono, Kundharu. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA. 1 (1).
Chaer, Abdul. 2013. Pembinaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kosasih,E. 2017. Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Markhamah dan Atiqa Sabardila. 2011. Analisis Kesalahan & Bentuk Pasif. Jagad Abjad: Kadipiro Solo.
Rosita, Yufarlina Rosita, & Ferdian Achsani. 2018. Ketidakefektifan Kalimat dalam Karangan Liburan Siswa Kelas X SMK X IPTEK Weru. Wahani 2 (2).
Setiyaningsih, Niken Ari. 2016. “Analisis Kesalahan Sintaksis pada Teks dalam Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas X SMA Kurikulum 2013”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Skripsi)
Setyawati, N. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Verhaar, J. W. M. 2008. Asas-Asas Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.