PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DOSEN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Mudzakkir
Norma Risnasari

Abstract

Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh, Kemampuan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring  sangat diperlukan guna tercapainya  tujuan pembelajaran.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  persepsi mahasiswa terhadap kemampuan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi. Metode diskriptif dengan sampel 53 orang mahasiswa Prodi DIII Keperawatan UNP Kediri. Hasil penelitian didapatka n persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen dalam mengembangkan sikap positif dalam kegiatan pembelajaran cukup, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen untuk bersikap luwes dan terbuka dalam kegiatan pembelajaran cukup, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen untuk tampil secara bersemangat dan bersungguh- sungguh dalam kegiatan pembelajaran baik, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen mengelola interaksi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran baik . Hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi institusi pendidikan khususnya dosen dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki menjadi lebih baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mudzakkir, M., & Risnasari, N. . (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DOSEN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 . Judika (Jurnal Nusantara Medika), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.29407/judika.v5i2.17459

References

  1. Arsyad Azhar, 2010, Media Pengajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta
  2. Asmawi Zainul, Nasoetion Noehl, 2013, Penilaian Hasil Belajar, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta
  3. Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. IJES: Indonesian Journal Of Education Science. Vol 2 No 2 (2020). https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659/369
  4. Keliat Budi Ana, 2002, Hubungan Terapeutik Perawat-Klien, EGC, Jakarta
  5. Kustining, 2020, Menemukan Figur Dosen Dalam Pembelajaran Daring, http://genial.id/read-news/menehukan-figur-dosen-dalam-pembelajaran-daring
  6. Luh Devi Herliandry, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban dan Heru Kuswanto (2020), Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 22, No. 1, April 2020, http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
  7. Makmun Abin Syamsuddin, 2011, Psikologi Kependidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung
  8. Oktafia Ika Handarini (2020) Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020, https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
  9. Purwanto, A., Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati Putri. (2020) Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and counseling. Vol 2 No 1 (2020). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
  10. Soeharto Karti, 2012, Komunikasi Pembelajaran, SIC, Surabaya
  11. Suciati, Irawan Prasetya, 2010, Teori Belajar dan Motivasi, DepartemenPendidikan Nasional, Jakarta
  12. Wardani IGAK, 2011, Dasar-Dasar Komunikasi Dan Keterampilan DasarMengajar, Deprtemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Most read articles by the same author(s)