PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DOSEN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Muhammad Mudzakkir Prodi DIII Keperawatan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Norma Risnasari Prodi DIII Keperawatan Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/judika.v5i2.17459

Keywords:

Komunikasi Pembelajaran, daring, Covid-19

Abstract

Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh, Kemampuan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring  sangat diperlukan guna tercapainya  tujuan pembelajaran.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  persepsi mahasiswa terhadap kemampuan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi. Metode diskriptif dengan sampel 53 orang mahasiswa Prodi DIII Keperawatan UNP Kediri. Hasil penelitian didapatka n persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen dalam mengembangkan sikap positif dalam kegiatan pembelajaran cukup, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen untuk bersikap luwes dan terbuka dalam kegiatan pembelajaran cukup, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen untuk tampil secara bersemangat dan bersungguh- sungguh dalam kegiatan pembelajaran baik, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen mengelola interaksi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran baik . Hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi institusi pendidikan khususnya dosen dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki menjadi lebih baik.

Downloads

References

Arsyad Azhar, 2010, Media Pengajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Asmawi Zainul, Nasoetion Noehl, 2013, Penilaian Hasil Belajar, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. IJES: Indonesian Journal Of Education Science. Vol 2 No 2 (2020). https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659/369

Keliat Budi Ana, 2002, Hubungan Terapeutik Perawat-Klien, EGC, Jakarta

Kustining, 2020, Menemukan Figur Dosen Dalam Pembelajaran Daring, http://genial.id/read-news/menehukan-figur-dosen-dalam-pembelajaran-daring

Luh Devi Herliandry, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban dan Heru Kuswanto (2020), Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 22, No. 1, April 2020, http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Makmun Abin Syamsuddin, 2011, Psikologi Kependidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung

Oktafia Ika Handarini (2020) Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020, https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Purwanto, A., Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati Putri. (2020) Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and counseling. Vol 2 No 1 (2020). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Soeharto Karti, 2012, Komunikasi Pembelajaran, SIC, Surabaya

Suciati, Irawan Prasetya, 2010, Teori Belajar dan Motivasi, DepartemenPendidikan Nasional, Jakarta

Wardani IGAK, 2011, Dasar-Dasar Komunikasi Dan Keterampilan DasarMengajar, Deprtemen Pendidikan Nasional, Jakarta

PlumX Metrics

Published

2022-01-24

How to Cite

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DOSEN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 . (2022). Judika (Jurnal Nusantara Medika), 5(2), 85-97. https://doi.org/10.29407/judika.v5i2.17459

Similar Articles

1-10 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)