PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DOSEN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.29407/judika.v5i2.17459Keywords:
Komunikasi Pembelajaran, daring, Covid-19Abstract
Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh, Kemampuan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring sangat diperlukan guna tercapainya tujuan pembelajaran.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kemampuan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi. Metode diskriptif dengan sampel 53 orang mahasiswa Prodi DIII Keperawatan UNP Kediri. Hasil penelitian didapatka n persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen dalam mengembangkan sikap positif dalam kegiatan pembelajaran cukup, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen untuk bersikap luwes dan terbuka dalam kegiatan pembelajaran cukup, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen untuk tampil secara bersemangat dan bersungguh- sungguh dalam kegiatan pembelajaran baik, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen mengelola interaksi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran baik . Hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi institusi pendidikan khususnya dosen dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki menjadi lebih baik.
Downloads
References
Arsyad Azhar, 2010, Media Pengajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Asmawi Zainul, Nasoetion Noehl, 2013, Penilaian Hasil Belajar, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. IJES: Indonesian Journal Of Education Science. Vol 2 No 2 (2020). https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659/369
Keliat Budi Ana, 2002, Hubungan Terapeutik Perawat-Klien, EGC, Jakarta
Kustining, 2020, Menemukan Figur Dosen Dalam Pembelajaran Daring, http://genial.id/read-news/menehukan-figur-dosen-dalam-pembelajaran-daring
Luh Devi Herliandry, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban dan Heru Kuswanto (2020), Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 22, No. 1, April 2020, http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
Makmun Abin Syamsuddin, 2011, Psikologi Kependidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung
Oktafia Ika Handarini (2020) Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020, https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Purwanto, A., Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati Putri. (2020) Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and counseling. Vol 2 No 1 (2020). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Soeharto Karti, 2012, Komunikasi Pembelajaran, SIC, Surabaya
Suciati, Irawan Prasetya, 2010, Teori Belajar dan Motivasi, DepartemenPendidikan Nasional, Jakarta
Wardani IGAK, 2011, Dasar-Dasar Komunikasi Dan Keterampilan DasarMengajar, Deprtemen Pendidikan Nasional, Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License