Main Article Content
Abstract
Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh, Kemampuan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring sangat diperlukan guna tercapainya tujuan pembelajaran.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kemampuan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi. Metode diskriptif dengan sampel 53 orang mahasiswa Prodi DIII Keperawatan UNP Kediri. Hasil penelitian didapatka n persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen dalam mengembangkan sikap positif dalam kegiatan pembelajaran cukup, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen untuk bersikap luwes dan terbuka dalam kegiatan pembelajaran cukup, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen untuk tampil secara bersemangat dan bersungguh- sungguh dalam kegiatan pembelajaran baik, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen mengelola interaksi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran baik . Hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi institusi pendidikan khususnya dosen dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki menjadi lebih baik.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Arsyad Azhar, 2010, Media Pengajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta
- Asmawi Zainul, Nasoetion Noehl, 2013, Penilaian Hasil Belajar, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta
- Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. IJES: Indonesian Journal Of Education Science. Vol 2 No 2 (2020). https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659/369
- Keliat Budi Ana, 2002, Hubungan Terapeutik Perawat-Klien, EGC, Jakarta
- Kustining, 2020, Menemukan Figur Dosen Dalam Pembelajaran Daring, http://genial.id/read-news/menehukan-figur-dosen-dalam-pembelajaran-daring
- Luh Devi Herliandry, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban dan Heru Kuswanto (2020), Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 22, No. 1, April 2020, http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
- Makmun Abin Syamsuddin, 2011, Psikologi Kependidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung
- Oktafia Ika Handarini (2020) Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020, https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
- Purwanto, A., Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati Putri. (2020) Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and counseling. Vol 2 No 1 (2020). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
- Soeharto Karti, 2012, Komunikasi Pembelajaran, SIC, Surabaya
- Suciati, Irawan Prasetya, 2010, Teori Belajar dan Motivasi, DepartemenPendidikan Nasional, Jakarta
- Wardani IGAK, 2011, Dasar-Dasar Komunikasi Dan Keterampilan DasarMengajar, Deprtemen Pendidikan Nasional, Jakarta