Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Latar Belakang :Siswa yang termotivasi secara intrinsik akan lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan cenderung tidak melihat bahwa pedidikan berupa aktifitas fisik tidak penting bagi mereka, R. Richards, K. Andrew & Levesque-Bristol, Chantal. (2014). Basket merupakan olahraga yang seharusnya populer di kalangan pelajar sekolah menengah atas namun nyatanya pelajaran ini masih kalah minatnya dibandingkan sepak bola, futsal ataupun voli. Pentingnya memiliki motivasi di berbagai kegiatan kecabangan olahraga diharapkan siswa akan selalu terlibat dalam berbagai kegiatan aktifitas fisik yang kemudian memberi keuntungan jangka panjang bagi siswa tersebut. Untuk itu dalam melaksanakan penelitian ini peneliti membatasi diri hanya berkaitan dengan perbandingan motivasi siswa putra-putri dalam mengikuti pembelajaran permainan bola basket pada siswa SMA dan SMK Negeri se- Kota Kediri.
Subjek dan Metode : Teknik penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk menjelaskan bagaimana perbandingan motivasi dalam mengikuti pembelajaran bola basket. Jumlah populasi siswa SMA se-Kota Kediri adalah 7528 siswa dan jumlah populasi siswa SMK se-Kota Kediri adalah 4490 siswa, kemudian secara purposive sampling diambil 760 siswa laki-laki maupun perempuan dengan rentang usia 14-18 tahun untuk menjadi sampel penelitian. Intrumen pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data menggunakan rumus proporsi dengan dibantu aplikasi excel dan SPSS.
Hasil : Motivasi SMA laki-laki memilikiki rerata sebesar 87.62 kemudian siswa SMA perempuan sebesar 85.36 kemudian ketiga siswa SMK laki-laki sebesar 84.06 dan terendah di kelompok siswa SMK perempuan sebesar 81.93
Kesimpulan : kelompok siswa SMK laki-laki memiliki motivasi paling tinggi kemudian siswa SMA perempuan, siswa SMK laki-laki dan terakhir kelompok siswa SMK perempuan.
Kata Kunci : Motivasi, Pembelajaran Bolabasket, Jenis Kelamin
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License