Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Latar Belakang :Siswa yang  termotivasi secara intrinsik akan lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan cenderung tidak melihat bahwa pedidikan berupa aktifitas fisik tidak penting bagi mereka, R. Richards, K. Andrew & Levesque-Bristol, Chantal. (2014). Basket merupakan olahraga yang seharusnya populer di kalangan pelajar sekolah menengah atas namun nyatanya pelajaran ini masih kalah minatnya dibandingkan sepak bola, futsal ataupun voli. Pentingnya memiliki motivasi di berbagai kegiatan kecabangan olahraga diharapkan siswa akan selalu terlibat dalam berbagai kegiatan aktifitas fisik yang kemudian memberi keuntungan jangka panjang bagi siswa tersebut. Untuk itu dalam melaksanakan penelitian ini peneliti membatasi diri hanya berkaitan dengan   perbandingan   motivasi   siswa   putra-putri dalam   mengikuti   pembelajaran permainan bola basket pada siswa SMA dan SMK Negeri se- Kota Kediri.


 


Subjek dan Metode : Teknik penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk menjelaskan bagaimana perbandingan motivasi dalam mengikuti pembelajaran bola basket. Jumlah populasi siswa SMA se-Kota Kediri adalah 7528 siswa dan jumlah populasi siswa SMK se-Kota Kediri adalah 4490 siswa, kemudian secara purposive sampling diambil 760 siswa laki-laki maupun perempuan dengan rentang usia 14-18 tahun untuk menjadi sampel penelitian. Intrumen pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data menggunakan rumus proporsi dengan dibantu aplikasi excel dan SPSS.


 


Hasil : Motivasi SMA laki-laki memilikiki rerata sebesar 87.62 kemudian siswa SMA perempuan sebesar 85.36 kemudian ketiga siswa SMK laki-laki sebesar 84.06 dan terendah di kelompok siswa SMK perempuan sebesar 81.93


 


Kesimpulan : kelompok siswa SMK laki-laki memiliki motivasi paling tinggi kemudian siswa SMA perempuan, siswa SMK laki-laki dan terakhir kelompok siswa SMK perempuan.


 


Kata Kunci : Motivasi, Pembelajaran Bolabasket, Jenis Kelamin

Article Details

How to Cite
burstiando, rizki. (2019). rizki burstiando PERBANDINGAN MOTIVASI SISWA PUTRA-PUTRI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BOLABASKET DI SMA DAN SMK NEGERI SE-KOTA KEDIRI. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 3(1), 12-22. https://doi.org/10.29407/judika.v3i1.12818