Main Article Content

Abstract

Prodi D3 Keperwatan Stikes Hafshawaty Zainul Hasan  probolinggo merupakan institusi pendidikan dibidang kesehatan, yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga Keperawatan  yang profesional, berkualitas, dan berakhlak mulia., Adanya pandemi Covid 19 yang terjadi di hampir seluruh dunia menyebabkan model pembelajran dari luring berganti menjadi daring, dengan harapan supaya pembelajaran tidak berhenti di tengah pandemi dan memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa tentang pembelajaran daring dalam rangka untuk memenuhi kompetensi yang di harapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Daring terhadap prestasi mahasiswa semester IV Prodi D-III Keperawatan Stikes Hafshawaty. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Cross Sectional, yaitu jenis penelitian yang menekankan pada waktu pengukuran/observasi data variabel independen dan dependen hanya satu kali, pada satu saat. Dengan jumlah 21 responden .


Jenis penelitian yang digunakan observasional  Sampel penelitian berdasarkan total Sampling. Analisis data menggunakan Uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh  pembelajaran daring terhdap prestasi mahahasiswa semester IV Prodi DIII keperawatan. Adapun dari hasil analisis menunjukan bahwa data signifikan α sebesar 0.000, p <α = 0,05 yang hasilnya H1 diterima. Kesimpulan: model pembelajaran daring memiliki pengaruh terhadap prestsi mahasiswa

Article Details

How to Cite
Sunanto, S., & Handayani , E. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI MAHASISWA. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 6(2), 17-30. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/19174

References

  1. Ahmad Syafi’i, Tri Marfiyanto, & Siti Kholidatur Rodiyah. (2018). Studi tentang
  2. Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang
  3. Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.
  4. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/viewFile/114/102
  5. M. Fathurrohman & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
  6. Sepita Ferazona & Suryanti. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap
  7. Prestasi Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Liminologi. Journal of Research and Education Chemistry (JREC). Vol. 2. No. 2. 102-110.https://journal.uir.ac.id/index.php/jrec/article/download/5826/2834
  8. Sofyana & Abdul. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.
  9. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  10. Rahartri. (2019). “WhatsApp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek. Visi Pustaka.Vol.21.No.2.https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/download/552/pdf
  11. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Progresif . Surabaya: Kencana Prenada Media Group
  12. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
  13. Pendidikan Nasional. Perpusnas (Online),
  14. (http://pusdiklat.perpusnas.go.id) di akses 5 Januari 2021.
  15. Yulia Khurriyati, Fajar Setiawan, & Lilik Binti Mirnawati. (2020). Dampak
  16. Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5
  17. Surabaya. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar”. Vol. 8. No. 1.
  18. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/11360/5052
  19. Yuliani, Meda. Dkk. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis. kitamenulis.id.