Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
MTs Negeri 4 Kabupaten Nganjuk semntara ini belum pernah melakukan penelitian tentang motivasi dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dan tingkat kesegaran jasmani siswa. Penelitian ini bertujuan, diantaranya adalah untuk mengetahui motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas VIII MTsN 4 Nganjuk.
Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitan deskriptif menggunakan metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 4 Nganjuk berjumlah 145 siswa. Dalam menentukan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 60 siswa, yang terdiri dari putra dan putri. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket untuk variabel motivasi serta tes dan pengukuran untuk variabel kesegaran jasmani. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VIII MTsN 4 Nganjuk dalam kategori tinggi, dengan frekuensi 45 (76%), berdasarkan faktor intrinsik berkategori tinggi, dengan frekuensi 35 (59,33%), dan berdasarkan faktor ekstrinsik juga berkategori tinggi, dengan frekuensi 50 (82,33%). Untuk hasil penelitian tingkat kesegaran jasmani siswa kelas VIII MTsN 4
Nganjuk dalam kategori baik sekali sebesar 1,7%, baik 16,8%, sedang 51,9%, kurang
26,5% dan kurang sekali 3,4%.
Kata kunci : motivasi, pendidikan jasmani, kesegaran jasmani
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License