MOTIVASI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII DI MTsN 4 NGANJUK TAHUN 2018

Authors

  • anis zawawi

DOI:

https://doi.org/10.29407/judika.v3i1.12834

Abstract

ABSTRAK

 

MTs Negeri 4 Kabupaten Nganjuk semntara ini belum pernah melakukan penelitian tentang motivasi dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dan tingkat kesegaran jasmani siswa. Penelitian ini bertujuan, diantaranya adalah untuk mengetahui motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas VIII MTsN 4 Nganjuk.

Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitan deskriptif menggunakan metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 4 Nganjuk berjumlah 145 siswa. Dalam menentukan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 60 siswa, yang terdiri dari putra dan putri. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket untuk variabel motivasi serta tes dan pengukuran untuk variabel kesegaran jasmani. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VIII MTsN 4 Nganjuk dalam kategori tinggi, dengan frekuensi 45 (76%), berdasarkan faktor intrinsik berkategori tinggi, dengan frekuensi 35 (59,33%), dan berdasarkan faktor ekstrinsik juga berkategori tinggi, dengan frekuensi 50 (82,33%). Untuk hasil penelitian tingkat kesegaran jasmani siswa kelas VIII MTsN 4

Nganjuk dalam kategori baik sekali sebesar 1,7%, baik 16,8%, sedang 51,9%, kurang

 

26,5% dan kurang sekali 3,4%.

 

 

Kata kunci : motivasi, pendidikan jasmani, kesegaran jasmani

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-04-01

How to Cite

zawawi, anis. (2019). MOTIVASI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII DI MTsN 4 NGANJUK TAHUN 2018. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 3(1), 63–76. https://doi.org/10.29407/judika.v3i1.12834