Peningkatan Pemahaman Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving

Authors

  • Audi Wibowo MTS Negeri Jogorogo

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12183

Keywords:

pemahaman, Problem Solving, IPA Terpadu

Abstract

 

Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan Pemahaman Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan pada mata pelajaran IPA Terpadu siswa setelah penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving dan mengetahui peningkatan keaktifan siswa setelah penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII B MTsN Jogorogo Kabupaten Ngawi. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini yaitu Metode Pembelajaran Problem Solving telah dapat meningkatkan Pemahaman Materi pada siswa. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kenaikkan persentase ketuntasan belajar siswa dari setiap siklus. Siklus I mencapai ketuntasan belajar sebesar 71,43% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,00 sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 85,71%, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,14. Metode Pembelajaran Problem Solving juga meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan tersebut di atas ditunjukkan dari kenaikkan persentase keaktifan belajar siswa dari setiap siklus. Siklus I mencapai 71,43% (20 orang)  sedangkan pada. siklus II keaktifan belajar mencapai 85,71% (24 orang).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Enco Mulyasa. (2016). Kurukulum yang Disempurnakan: Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Cetakan ke-VIII, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhopadhyay, R. (2013). Problem Solving In Science Learning - Some Important Considerations of a Teacher. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS). Volume 8, Issue 6 (Mar. - Apr. 2013), PP 21-25.

Permana, E. P. (2015). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(1), 1–16.

Syofyan, H. dan Halim, A. (2016). Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran IPA Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK (SENDI_U) KE-2 Tahun 2016. Semarang: Unisbank.

PlumX Metrics

Published

2018-08-21

How to Cite

Wibowo, A. (2018). Peningkatan Pemahaman Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12183