PENINGKATAN EFEKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA INDIKATOR KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN NGLETIH KABUPATEN KEDIRI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kebutuhan makhluk hidup pada mate pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kontekstual untuk siswa kelas III SDN Ngletih. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kompearatif dan teknik analisis kritis. Hasil dari penelitian ini adalah (1) adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada tes awal 51,81; pada tes siklus 1 menjadi 69,3; pada siklus 2 menjadi 84. (2) adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa pada tes awal 37%, kemudian pada siklus 1 naik menjadi 74% dan siklus 2 mendapat prosentase 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model belajar kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Downloads
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License