PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN TUMBUHAN HIJAU PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI KANDAT I DENGAN METODE PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU
Abstract
ABSTRAK: Pemilihan materi peningkatan motivasi sains kompetensi dasar mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan, untuk bahan kajian dalam penelitian ini disebabkan materi ini dianggap sulit dipahami bagi siswa sekolah dasar.
Pembelajaran terpadu merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif menggali, mencari dan menemukan konsep serta konsep penemuan secara holistik, bermakna dan otentik dalam kaitannya dengan mata pelajaran sains. Metode ini diharapkan dapat mengubah presepsi bahwa sains adalah pelajaran yang menegangkan karena banyak rumus, hafalan dan bahasa ilmiah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran terpadu pada pelajaran sains serta dampaknya terhadap kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang berangkat dari masalah yang terdapat dilapangan kemudian direfleksikan dan dianalisa berdasarkan teori yang menunjang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif dan kolaboratif yang terdiri dari 3 siklus yang tiap siklus 4 tahapan yaitu: Tahap perencanaan tindakan , pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi tindakan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Kandat I Kec. Kandat Kab. Kediri dengan jumlah siswa 30 anak dan 1 orang guru kelas sebagai peneliti.
Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model pengajaran terpadu memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar anak sehingga prestasi dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar yang meningkat dari siklus 1,2 dan 3 yaitu masing-masing 60%, 72,72% dan 90,90%.
Downloads
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License