PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.184Abstract
ABSTRAK : Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, siklus I dan siklus II terdiri dari
tiga kali pertemuan, sedangkan siklus III terdiri dari dua kali pertemuan, Penelitian ini di laksanakan di SMPN
2 Rejotangan, Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015 yang terdiri dari tiga siklus dengan subjek penelitian
adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 22 anak, terdiri dari 15 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Waktu yang digunakan peneliti adalah pada pertengahan bulan Januari s.d. minggu ketiga bulan Februari
2015. Hasil penelitian dari setiap siklus menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal
mengalami peningkatan dari 54,5 % pada siklus I, meningkat menjadi 77,3% pada siklus II, dan 90,9 pada
siklus III.
Kata kunci : Garis singgung lingkaran, Problem solving, Prestasi belajar
tiga kali pertemuan, sedangkan siklus III terdiri dari dua kali pertemuan, Penelitian ini di laksanakan di SMPN
2 Rejotangan, Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015 yang terdiri dari tiga siklus dengan subjek penelitian
adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 22 anak, terdiri dari 15 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Waktu yang digunakan peneliti adalah pada pertengahan bulan Januari s.d. minggu ketiga bulan Februari
2015. Hasil penelitian dari setiap siklus menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal
mengalami peningkatan dari 54,5 % pada siklus I, meningkat menjadi 77,3% pada siklus II, dan 90,9 pada
siklus III.
Kata kunci : Garis singgung lingkaran, Problem solving, Prestasi belajar
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2015-10-05
How to Cite
Mahmudi, M. (2015). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.184
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License